Menikmati Lezatnya Pindang Kuah Kuning Khas Pagaralam

Menikmati Lezatnya Pindang Kuah Kuning Khas Pagaralam

Pindang kuah kuning Besemah, Pagaralam, Sumatera Selatan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kota Pagaralam yang dijuluki sebagai kota 1000 air terjun merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Sumatra Selatan.

Kota ini memiliki berbagai destinasi wisata. Kekayaan alam yang begitu mempesona menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga lokal maupun para pelancong.

Selain wisata alam, Kota Pagaralam, juga menyediakan wisata buatan yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya yaitu wisata kuliner yang banyak tersebar di seluruh penjuru kota.

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Akan dijumpai berbagai jenis kuliner khas kota Pagaralam yang menggugah selera.

BACA JUGA:Crispy dan Gurih, Ini Resep Rahasia Membuat Tahu Sumedang yang Bisa Dicoba di Rumah

Menu pindang kuah kuning "Besemah" khas Pagaralam ini menjadi salah satu menu kuliner andalan Sumatera Selatan yang sampai sekarang banyak digemari warga kota Palembang, terutama perantau dari Besemah (Pagaralam dan sekitarnya), termasuk pendatang dari luar kota.

Beragamnya hasil tangkapan ikan air tawar di perairan Sungai Musi, membuat olahan ikan sebagai kuliner khas kian beragam termasuk masakan pindang "Besemah".

Ikan sungai seperti jenis baung, patin, gabus ataupun toman diolah masyarakat setempat dengan campuran bumbu berasal dari cabai, lengkuas, kunyit, tempoyak dan rempah-rempah menjadikan suatu sajian tak hanya memanjakan lidah, namun juga menyehatkan bagi yang mengkonsumsinya.

Hidangan khas ini diracik dengan campuran rempah-rempah yang pas untuk menghasilkan rasa yang nikmat. Selain itu, pindang kuah kuning besemah juga memiliki wangi harum yang membuat siapapun ingin mencicipinya.

BACA JUGA:30 Menit dari Palembang, Nikmati Sensasi Ngopi Aesthetic Dalam Hutan

Selain rasanya yang enak, hidangan ini termasuk dalam hidangan sehat yang banyak diincar oleh masyarakat. Campuran rempah-rempahnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung.

Hidangan ini bisa ditemui di tempat makan ataupun restoran di sepanjang jalan kota. Satu porsi pindang kuah kuning besemah dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Cara membuatnyapun tidak sulit. Bumbu rempah-rempah yang telah disiapkan dipotong dan dihaluskan dengan cara ditumbuk, selanjutnya dimasukkan ke dalam kuali dan direbus bersama bumbu lainnya selama 30 menit sampai menguning sempurna dan meresap ke dalam ikan. Setelah matang siap untuk dinikmati bersama nasi hangat dan sambal juga lalapan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Makan Di Palembang, Menu Lengkap Harga Bersahabat

Selain harganya cukup terjangkau tak ada salahnya berwisata kuliner khas memanjakan lidah dan lebih penting lagi menyehatkan tubuh. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pengetahuan tentang salahsatu wisata kuliner Pagaralam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: