Kemplang Lembut Ogan Ilir, Rasa Ikan Begitu Terasa

Kemplang Lembut Ogan Ilir, Rasa Ikan Begitu Terasa

Kemplang Lembut Ogan Ilir. foto: hetty arnita sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Kabupaten OGAN ILIR, Sumatera Selatan terkenal dengan beragam kulinernya yang enak-enak. Salah satunya Kemplang Lembut. Bagi warga luar Kabupaten OGAN ILIR, mungkin tak banyak yang mengenal Kemplang Lembut ini. Namun bagi warga Bumi Caram Seguguk, makanan ini menjadi salah satu penganan favorit.

Betapa tidak, Kemplang Lembut memiliki rasa yang sangat khas. Dimana, rasa ikannya begitu ketara. Karena, pembuatan Kemplang Lembut berbahan utama ikan dan juga tepung tapioka.

"Kalau untuk cara pembuatannya, ya seperti adonan membuat kemplang pada umumnya," terang Mala, penjual Kemplang Lembut asal Meranjat 1, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu, 4 Februari 2023.

Menurut Mala, untuk menghasilkan Kemplang Lembut yang enak, bahan utamanya adalah "ikan diri" atau anakan ikan sungai. Kemudian, tepung tapioka yang dicampur dengan garam. Kemudian diberi air secara perlahan-lahan.

BACA JUGA:Pindang Mang Nain Muara Meranjat Ogan Ilir, Saking Segarnya Bikin Mulut Mengembang

Adonan kemudian diuleni hingga kalis. Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat kecil lalu dipipihkan. Setelah dibentuk, adonan pun dikukus ke dalam sebuah alat pengukus.

"Kalau kami menggunakan dandang besar untuk mengukus. Sebelumnya adonan ini dijejerkan di atas sebuah wadah yang terbuat dari bambu, lalu dimasukkan ke dandang tadi," jelasnya.

Setelah beberapa menit dan dirasa sudah matang, kemplang pun diangkat. Kalau untuk dijadikan kemplang bakar, kemplang-kemplang ini langsung dijemur. Tapi, kalau Kemplang Lembut, tidak lagi dijemur dan langsung bisa dinikmati.

"Jadi, untuk Kemplang Lembut ini adalah kemplang yang tidak lagi melalui proses penjemuran. Jadi, setelah dikukus langsung bisa dinikmati," lanjutnya.

BACA JUGA:RM Pindang PAS Ogan Ilir, Sajikan Ikan Segar Pas di Lidah

Untuk menikmati Kemplang Lembut, harus menggunakan sambal cocolannya yang khas. Yakni, sebuah sambal merah yang merupakan buatan tangan asli dari penjualnya.

Sambal merah tersebut terbuat dari campuran cabai merah, udang kering, asam cuka, dan garam. Rasanya begitu segar ketika makan Kemplang Lembut yang dicocol menggunakan sambal merah. 

Mala menjual Kemplang Lembut ini dengan harga Rp500 per lembarnya. Mala mengaku, dirinya sering menerima pesanan Kemplang Lembut ini dari para penggemar Kemplang Lembut.

"Terutama para ibu-ibu muda dan remaja, itu sering pesan Kemplang Lembut ini. Kayaknya makanan ini memang sudah favorit mereka," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: