Ahli Tegaskan Penyelewengan Dana KUR BNI Cabang Muara Dua Sebabkan Kerugian Negara Rp1,6 Miliar

Ahli Tegaskan Penyelewengan Dana KUR BNI Cabang Muara Dua Sebabkan Kerugian Negara Rp1,6 Miliar

Terdakwa Edwin Herius.--

SUMEKS.CO - Selain dinilai kredit macet, ahli keuangan negara Siswo Sujanto tegas mengatakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tidak sesuai prosedur oleh Bank BNI cabang Muaradua dinyatakan sebagai kerugian negara.

Hal itu diterangkan Siswo dalam keterangannya secara tertulis, pada sidang kasus dugaan korupsi KUR menjerat terdakwa Edwin Herius sendiri oknum Kepala Cabang BNI  Muaradua periode 2020-2023, Rabu 27 Maret 2024.

Dari keterangan Siswo, yang dibacakan penuntut umum Kejari OKU Selatan dengan terang menyebut keluarnya uang yang tidak seharusnya dari Kas Negara, dalam hal ini Kas nya PT. Bank BNI Cabang Pembantu Muaradua, merupakan kerugian negara.

Dalam kasus ini, dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Bank BNI cabang Muaradua OKU Selatan yang seharusnya dikucurkan kepada masyarakat tahun 2021-2022 telah merugikan keuangan negara Rp1,6 miliar.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Terdakwa Korupsi Bobol Uang Nasabah BNI Rp6,4 Miliar, Yakin Adanya Unsur Kelalaian

BACA JUGA:KUR BNI Tawarkan Pinjaman untuk UMKM Hingga Rp500 Juta, Cuma Pakai Syarat Ini

Selain ahli keuangan negara, dihadapan majelis hakim diketuai Sahat Sianipar SH MH, turut juga dihadirkan ahli kerugian negara M Denny Muropal dari BPKP Sumsel.

Ahli kerugian negara dihadirkan, guna menerangkan terkait audit perhitungan kerugian negara Rp1,6 miliar terhadap 161 perjanjian kredit.

Diterangkan ahli, bahwa berdasarkan audit perhitungan, jumlah kerugian negara itu didapat dari jumlah kredit yang dicairkan pada tahun 2021-2022 dikurangi jumlah pengembalian kepada Bank BNI cabang Muaradua OKU Selatan.


Ahli Kerugian Negara Denny Muropal dari BPKP Sumsel dihadirkan dalam sidang kasus dugaan korupsi penyelewengan dana KUR pada BNI cabang Muaradua, Rabu 27 Maret 2024.--

Mendengar keterangan dua ahli tersebut dipersidangan, terdakwa Edwin Herius melalui tim penasihat hukum juga bakal menghadirkan ahli pada agenda sidang selanjutnya.

BACA JUGA:Gunung Marapi di Sumatera Barat Meletus, Sebelumnya Makan Banyak Korban Pendaki

BACA JUGA:Pj Bupati OKI Pantau Distributor Pangan, Pastikan Stok dan Harga Stabil

"Kami juga bakal menghadirkan ahli meringankan, kami minta waktu untuk menghadirkannya pada sidang selanjutnya," ujar penasihat hukum sebelum majelis hakim menutup dan menunda persidangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: