Ternyata 5 Jenis Buah-buahan Ini Tidak Cocok Dijadikan Olahan Selai, Loh Kok Bisa?

Ternyata 5 Jenis Buah-buahan Ini Tidak Cocok Dijadikan Olahan Selai, Loh Kok Bisa?

Beberapa Jenis Buah-buahan Ini Tidak Cocok Dijadikan Olahan Selai.--

SUMEKS.CO - Ternyata ada beberapa jenis buah-buahan yang tidak cocok jika dijadikan olahan selai, kira-kira apa yang membuat ketagihan ya?

Selai buah memang menjadi favorit untuk isian kue atau sekedar toping roti, namun tidak semua jenis buah-buahan cocok dijadikan sebagai olahan selai yang nikmat dan lezat.

Ini beberapa jenis buah-buahan yang tidak cocok dijadikan olahan selai karena memiliki kandungan udara yang tinggi dan tekstur yang tidak ideal, cek penjelasan berikut ini:

1. Buah Pisang

BACA JUGA: 4 Inspirasi Resep Aneka Selai Homemade, Nikmat dan Kaya Vitamin

BACA JUGA: Buah-buahan yang Banyak Dicari di Bulan Ramadhan, Berikut Ini 7 Rekomemdasinya

Buah pisang memang kurang cocok dijadikan olahan selai, karena buah pisang memiliki kandungan air yang tinggi jadi ketika diolah menjadi selai, teksturnya cenderung menjadi terlalu lembek dan kurang kental. 

Olahan selai yang terlalu cair akan sulit untuk disimpan dan tidak memberikan sensasi yang nikmat, selain itu buah pisang juga kurang memiliki pektin.

Pektin adalah zat yang membantu selai mengental dan tahan lama, sayangnya bila pisang dijadikan olahan selai maka memiliki kandungan pektin yang rendah, alhasil tanpa tambahan pektin, selai pisang mungkin akan terlalu cair dan tidak memiliki konsistensi yang baik.

Selain itu buah pisang yang sudah mulai rusak atau terlalu matang dapat mempengaruhi rasa selai, olahan selai dari buah yang tidak dalam kondisi baik akan kurang enak dan tidak tahan lama.

BACA JUGA: 5 Pilihan Buah Segar dan Sehat, Cocok untuk Berbuka Puasa Ramadhan

BACA JUGA: Ramuan Ajaib untuk Tanaman, Cukup dengan Bahan Sederhana Ini Tanaman Cepat Berbunga dan Berbuah Lebat

2. Buah Semangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: