Cuma 10 Menit, Salat Tarawih di Ponpes Mambaul Hikam Blitar Dinobatkan Tarawih Tercepat di Dunia

Cuma 10 Menit, Salat Tarawih di Ponpes Mambaul Hikam Blitar Dinobatkan Tarawih Tercepat di Dunia

Cuma 10 Menit, Shalat Tarawih di Ponpes Mambaul Hikam Blitar Ini Dinobatkan Sebagai Tercepat di Dunia--

Oleh karena itu, inisiatif untuk mempercepat salat tarawih di Pondok Pesantren Mambaul Hikam menjadi sebuah solusi yang tepat agar masyarakat tetap dapat melaksanakan ibadah tersebut.

Pondok Pesantren Mambaul Hikam didirikan pada tahun 1907 oleh KH Abdul Ghofur, seorang tokoh agama yang memiliki latar belakang keluarga dari Desa Blangkah, Kecamatan Pakis, Kabupaten Trenggalek. 

BACA JUGA:Cara Mengerjakan Salat Tarawih Sendirian di Rumah Sesuai Anjuran Islam, Begini Urutan yang Benar

BACA JUGA:Perdana Dimulai, Berikut Masjid di Palembang dengan Jumlah Salat Tarawih dan Witir 23 Rakaat

Beliau adalah putra dari Kiai Asnawi dan Nyai Sholihah. KH Abdul Ghofur dikenal sebagai sosok yang sangat alim dan memiliki pengetahuan luas dalam berbagai bidang keilmuan. 

Riwayat mencatat bahwa sebelum mendirikan Pondok Pesantren Mambaul Hikam, beliau sempat menimba ilmu di beberapa pondok pesantren terkemuka, antara lain Ponpes Mangunsari di Nganjuk dan Ponpes Mablong di Kediri.

Menariknya, sejarah mencatat bahwa KH Abdul Ghofur adalah seorang putra mantu dari seorang tokoh kaya dan dermawan bernama H. Munajat. 

H. Munajat melihat kesalehan dan kealiman yang dimiliki oleh Abdul Ghofur, sehingga memilih untuk mengambilnya sebagai putra mantu. 

BACA JUGA:Tips Melaksanakan Sholat Tarawih agar Tetap Konsisten dan Semangat di Bulan Suci Ramadhan

BACA JUGA:Putra Alm KH Nawawi Dencik, Rasyid Siddiq Imam Shalat Tarawih Masjid Agung Palembang

Hal ini mencerminkan penghargaan atas kealiman dan ketulusan Abdul Ghofur dalam meniti jalan kehidupan serta pengetahuannya dalam bidang agama.

Gus Diya mengungkapkan, agar masyarakat mau menjalankan salat tarawih kilat, karena kalau tarawih terlalu lama akhirnya banyak yang tidak tarawih karena capek beraktifitas seharian.

"Akhirnya kakek saya KH Abdul Ghofur berinisiatif agar salat tarawih di cepatkan agar masyarakat tetap mau beribadah menjalankan salat tarawih di bulan ramadan," kata Gus Diya.

Masih kata Gus Diya, Salat tarawih kilat di Pondok Pesantren Mambaul Hikam hanya diterapkan untuk salat tarawih dan witir saja.

BACA JUGA:Tata Cara Shalat Tarawih 11 Rakaat Lengkap dengan Niat dan Do’a Kamilin Sebagai Penyempurna Ibadah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: