Ini Alasan Mengapa Laki-Laki Tidak Boleh Memakai Emas dan Pakaian Berbahan Sutera dalam Agama Islam

Ini Alasan Mengapa Laki-Laki Tidak Boleh Memakai Emas dan Pakaian Berbahan Sutera dalam Agama Islam

Ilustrasi larangan penggunaan emas dan sutera bagi laki-laki dalam agama Islam.--net

Larangan menggunakan emas dan sutera bagi kaum laki-laki ini diantaranya ialah larangan tasyabbuh.

BACA JUGA:Life Hack Dalam Islam yang Perlu Diketahui dan Diamalkan Umat Muslim, Mulai Sunnah Rasulullah SAW dari Rumah

Tasyabbuh ialah penyerupaan baik kepada kaum kafir maupun kaum perempuan karena pada dasarnya perempuan menyukai perhiasan seperti emas dan sutera.

Berlebihan dalam menggunakan sutera justru dapat menjauhkan sifat laki-laki dari kejantanannya karena laki-laki memang tidak dituntut untuk berhias diri secara berlebihan.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kaum laki-laki mengenakan sutra halus dan sutra kasar, karena jika laki-laki mengenakannya, bisa mengesankan sifat kewanitaan.

Hal ini juga menyerupai para wanita yang suka kepada perhiasan, sementara kaum laki-laki dituntut untuk memiliki ketegaran, kekuatan dan kejantanan.

BACA JUGA:Muslim Wajib Hati-Hati! Ini Dia Beberapa Jenis Cuka yang Tidak Boleh Dikonsumsi Karena Mengandung Khamr

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melarang kaum laki-laki dan wanita makan dan minum dengan menggunakan piring dan bejana yang terbuat dari emas atau perak.

Hal itu mencerminkan kemewahan dan kesombongan, disamping dapat menyakiti hati orang-orang fakir yang tidak memiliki apa pun untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Pengharaman mengenakan sutera halus dan kasar bagi laki-laki akan mendapat ancaman keras dari Allah SWT.

Adapun larangan penggunaan emas bagi laki-laki ialah demi menjaga kesehatan tubuh laki-laki dari efek samping kandungan emas.

BACA JUGA:Mau Punya Rumah? Perhatikan 6 Kriteria Rumah yang Baik Menurut Islam, Dijamin Bikin Betah dan Berkah

“Dari Abu Musa, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 'Emas dan sutra dihalalkan bagi para perempuan dari umatku, namun diharamkan bagi para pria" (HR An Nasa’i dan Ahmad)
hadist lain juga riwayat Abdullah bin ‘Amr bin al-’Ash, yang berkata, “Rasulullah SAW melihat salah seorang sahabat memakai cincin dari emas, maka beliau pun berpaling darinya. Lalu, sahabat tersebut membuang cincin tersebut, lalu memakai cincin dari besi. Maka, Nabi Saw., bersabda, Ini lebih buruk; ini adalah perhiasan penduduk neraka. Maka, sahabat tersebut membuang cincin besi dan memakai cincin perak. Dan, Nabi mendiamkannya”

Alasan agama islam melarang penggunaan emas bagi kaum laki-laki untuk menjauhkan laki-laki dari efek penyakit jangka panjang.

Penyakit yang beresiko diidap oleh laki-laki jika menggunakan emas diantaranya ialah Alzheimer dan beresiko pada usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: