Paket Ganja Tak Bertuan Dicampur Baju Gagal Keluar Terminal Kargo Bandara SMB II Palembang

Paket Ganja Tak Bertuan Dicampur Baju Gagal Keluar Terminal Kargo Bandara SMB II Palembang

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo menunjukkan barang bukti paket ganja. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Paket narkoba jenis ganja kering seberat 768,4 gram yang akan dikirimkan keluar Kota Palembang lewat jalur udara melalui terminal kargo Bandara SMB II digagalkan Sabtu 23 September 2023.

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S. mengatakan daun ganja kering itu diamankan oleh tim gabungan petugas pengamanan Lanud SMH, Avsec Bandara SMB II (PT Angkasa Pura II) Palembang dan Polsek Sukarami Palembang.

“Sekitar pukul 10.40 WIB ditemukan ganja kering seberat 768,4 gram tak bertuan di fasilitas Terminal Kargo Bandara SMB II,” jelasnya.

Saat ditemukan, ganja tersebut diselundupkan bersama barang-barang kargo yang masuk di sesi karga Bandara SMB II.

BACA JUGA:2 Kilogram Ganja Kering Dicampur Kerupuk Digagalkan di Terminal Kargo SMB II Palembang

Setelah melalui pengecekan X-ray, dicurigai ada satu paket yang memiliki kondisi yang memang harus dicek dan diperiksa lebih lanjut.

Dicurigai pengiriman paket yang dikirimkan dari Kota Palembang ke Lombok.

“Masuk melalui fasilitas bandara dengan kondisi paket dimasukan didalam kardus dan dibungkus lagi dengan pakaian dan sesuai prosedur, paket tersebut dilakukan scanning,” bebernya. 

Setelah diperiksa lebih lanjut dan dibuka, ditemukan satu paket berupa ganja kering dengan berat 768,4 gram.

BACA JUGA:Kamuflase Obat Herbal, 2 Paket ganja Besar Diamankan BNN Muara Enim

“Lanud SMB II Palembang bersama Avsec Bandara SMB II, Polsek Sukarami dan stakeholder lainnya bersama-sama berupaya menekan lajunya narkoba yang beredar di masyarakat,” tambahnya.

Dia menjelaskan, kejadian yang sudah beberapa kali ini sudah sering terjadi sejak Agustus 2022 hingga saat ini.

“Sudah tiga kali ada upaya percobaan pengiriman yang diduga ganja kering melalui Bandara SMB II selama 2022 sampai dengan 2023. Sudah berhasil mengagalkan sebanyak 6,5 kg pengiriman ganja kering melalui bandara,” katanya lagi.

Danlanud SMH juga menjelaskan, penemuan ini merupakan hasil koordinasi atas seluruh petugas keamanan gabungan dalam pengamanan bandara SMB II ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: