WOW! Ratusan Hektar Lahan Gambut Sepucuk OKI Terbakar, Bupati Iskandar Langsung Tinjau Lokasi

WOW! Ratusan Hektar Lahan Gambut Sepucuk OKI Terbakar, Bupati Iskandar Langsung Tinjau Lokasi

Pemerintah Kabupaten OKI meninjau lokasi lahan gambut yang terbakar di Sepucuk Kecamatan Pedamaran dan Pedamaran Timur yang terbakar hebat. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Lahan gambut yang berada di wilayah Sepucuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terbakar hebat, Senin 4 September 2023 malam. 

Akibatnya, selain api yang membara menghanguskan lahan gambut lebih dari 10 hektar lebih tersebut, juga masih menimbulkan asap yang mengepul hingga Selasa 5 September 2023.

Atas peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) gambut yang masuk dalam Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran dan Desa Pulau Geronggang Kecamatan Pedamaran Timur itu. 

Membuat Bupati OKI H Iskandar SE langsung meninjau lokasi Karhutla gambut itu.

BACA JUGA:Sempat Tertunda, 1.475 PPPK Guru di Kabupaten OKI Bakal Dilantik, Ini Jadwalnya

"Hari ini kita meninjau langsung lokasi Karhutla yang terjadi semalam. Saat ini sudah padam tetapi masih ada asap nya," ujar Bupati OKI H Iskandar SE yang meninjau. 

Dia mengatakan, lahan yang terbakar ini semuanya lahan gambut. Dimana di sekitar lokasi yang terbakar semuanya merupakan lahan gambut. Dan rawan terbakar bila musim kemarau seperti ini. 

"Lahan gambut yang terbakar ini diluar HGU perusahaan sekitar dan semuanya lahan gambut konservasi. Kita melihat langsung seberapa luas yang terbakar," katanya. 

Disampaikan Bupati didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Dedi Kurniawan SSTP, mengenai lahan gambut yang terbakar ini untuk luasan belum bisa dipastikan karena harus diukur. 

BACA JUGA:YA ALLAH! Masih Ada 1 Desa Tertinggal di Tulung Selapan Kabupaten OKI Hasil IDM

Tetapi yang jelas ini berada di KM 20 Sepucuk dan diluar HGU perusahaan terdekat seperti PT Kelantan Sakti, PT Tempirai Plam dan perusahaan lainnya. 

"Luasan yang terbakar kita belum tahu, tetapi yang terbakar cukup luas lebih 10 hektar. Dan yang terbakar ini satu hamparan," tegas Dedi. 

Lanjutnya, kedatangan pemerintah Kabupaten OKI bersama dengan forkopimda ke lokasi Karhutla ini adalah meninjau langsung luasan yang terbakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: