Temuan 17 Mayat Wanita Al-Zaytun, Diduga Korban Bujuk Rayu Panji Gumilang, Cek Faktanya!

Temuan 17 Mayat Wanita Al-Zaytun, Diduga Korban Bujuk Rayu Panji Gumilang, Cek Faktanya!

Media sosial dihebohkan dengan tayangan sebuah video tentang penemuan 17 mayat wanita yang berada di Komplek Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu.--

SUMEKS.CO - Media sosial dihebohkan dengan tayangan sebuah video. Dimana video itu mengunggah tentang penemuan 17 mayat wanita yang berada di Komplek Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu

Seperti diunggah oleh akun Snack Video @sugarcandy_26, 18 Agustus 2023. Video berdurasi 2 menit itu bertuliskan judul "Temuan 17 Mayat Wanita di Al-Zaytun, Diduga Korban Seks Panji Gumilang? ".

Di awal video, narasinya menyebutkan bahwa mantan Presiden Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur, telah memprediksi kasus yang menimpa Ponpes Al-Zaytun Indramayu dan Panji Gumilang. 

Menurut seorang pria yang berada di video tersebut, kontroversi Al-Zaytun itu sebenarnya sudah terjadi sejak bulan Mei yang lalu. Proses penanganan kasus Panji Gumilang ini terbilang lama, hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. 

BACA JUGA:Nah Loh! Uji Syarat Formil dan Materil, Kejagung Bakal Tunjuk 15 Jaksa Periksa Berkas Perkara Panji Gumilang

"Kasus ini tidak ada kriminalisasi sama sekali, ini murni kasus penodaan agama," tegas pria tersebut. 

Ditambahkan pria tersebut, Panji Gumilang ini awalnya dijadikan sebagai orang yang meredam pergerakan dari Partai Komunis Indonesia (PKI). 


Media sosial dihebohkan dengan tayangan sebuah video tentang penemuan 17 mayat wanita yang berada di Komplek Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu.--

Lalu, kedekatan Panji Gumilang dengan para perwira intelijen ini ternyata dimanfaatkannya untuk membesarkan Ponpes Al-Zaytun Indramayu. Makanya, sampai sekarang banyak tokoh pembela Ponpes Al-Zaytun Indramayu. 

Namun, dari empat video yang diunggah oleh akun Snack Video @sugarcandy_26 tersebut, ternyata tidak ada sama sekali yang menyebut tentang penemuan 17 mayat wanita yang diduga santri Ponpes Al-Zaytun Indramayu. 

BACA JUGA:Penemuan Ratusan Tengkorak Diduga 'Tumbal Panji Gumilang' dan Al Zaytun, Warganet Minta Pablo Benua Ditangkap

Untuk itu, video ini diragukan kebenarannya. Karena di dalam video tersebut tidak membahas tentang penemuan 17 mayat wanita yang diduga merupakan korban bujuk rayu Panji Gumilang. 

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan penemuan ratusan tengkorak, di sebuah tempat penggalian lubang. 

Dikutip SUMEKS.CO dari unggahan akun Snack Video mbahkung304, 9 Agustus 2023, ratusan tengkorak tersebut diduga merupakan tumbal dari Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: