Mengintip Gaji Paskibraka Tingkat Nasional, Wajar Saja Banyak yang Berminat Bonusnya Jalan-Jalan Luar Negeri

Mengintip Gaji Paskibraka Tingkat Nasional, Wajar Saja Banyak yang Berminat Bonusnya Jalan-Jalan Luar Negeri

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Menjadi pasukan pengibar bendera  (Paskibraka) tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seluruh pemuda dan pemudi di Indonesia. Namun apakah menjadi paskibraka mendapat gaji? Jawabannya jelas iya.

Perlu diketahui menjadi pasukan pengibar bendera merah putih pada peringatan HUT Kemerdekaan RI, setiap tanggal 17 Agustus tentu tidak mudah.

Khususnya untuk Paskibraka tingkat nasional, peserta akan diseleksi dan harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan.

Proses seleksi akan dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga tertinggi tingkat nasional, sampai pada mengibarkan bendera merah putih di Istana Negara.

BACA JUGA:32 Anggota Paskibraka Kota Palembang Siapkan Diri untuk Upacara HUT RI Ke-78 di BKB Palembang

Namun berapa gaji yang didapatkan jika terpilih menjadi Paskibraka? Menurut berbagai sumber gaji seorang pengibar bendera berbeda-beda berdasarkan tingkatannya.

Gaji atau honor Paskibraka tingkat nasional, yakni Rp3 juta hingga Rp10 juta dan bonus sertifikasi purna Paskibraka.

Selain lain pasukan pengibar bendera nasional juga mendapatkan bonus lain seperti beasiswa dan tiket liburan.

Sedangkan gaji paskibraka tingkat provinsi diketahui berkisar Rp1,5 jutaan per orang, pemberian gaji Paskibraka ini telah sesuai dengan Satuan Standar Harga (SSH). Selain itu, seluruh paskibraka  juga diberikan uang kompensasi transportasi selama masa pelatihan.

BACA JUGA:CATAT! Ini Hasil Seleksi Paskibraka Utusan 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel, 50 Lulus Provinsi, 2 Tingkat Nasional

Bonus lain yang didapatkan adalah sertifikat yang berguna bagi seluruh purna Paskibraka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan.

Sementara gaji Paskibraka tingkat kabupaten/kota berkisar Rp500 ribu hingga Rp1,5 jutaan. Besaran honor yang didapatkan Paskibraka setiap kabupaten/kota akan berbeda-beda.

Gaji Paskibraka tersebut berpotensi setiap tahunnya  akan mengalami kenaikan. Hal ini disediakan dengan ketentuan masing-masing pemerintah daerah.

Selain gaji dan honor yang didapatkan, biasanya seluruh Paskibraka akan mendapatkan berupa bonus tambahan, seperti beasiswa pendidikan militer Akpol atau Akmil, liburan dalam negeri dan luar negeri.

BACA JUGA:Merdeka! Ribuan Warga Papua Pengunungan Antusias Bentangkan Bendera Sepanjang 2023 Meter di Jalan Yos Sudarso

Semua bonus dan gaji yang didapatkan seluruh Paskibraka tentu tidak mudah, karena harus melalui seleksi secara ketat.

Semua itu pantas di dapatkan karena seluruh paskibraka telah merelakan tenaga, pikiran, waktu, mental hingga fisik di bawah terik matahari.

Itulah info tentang gaji dan bonus yang didapatkan Paskibraka. Semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: