6 Kabupaten di Sumatera Selatan Ini, Lakukan Operasi Pembasahan Lahan Gambut Tahun 2023

6 Kabupaten di Sumatera Selatan Ini, Lakukan Operasi Pembasahan Lahan Gambut  Tahun 2023

Peluncuran Operasi Pembasahan Lahan Gambut di Sumatera Selatan oleh Ketua Tim Operasi Pembasahan Lahan Gambut Eko Agus Sugianto , Selasa 30 Mei 2023.-foto sumeks.co-

6 Kabupaten di Sumatera Selatan Ini, Lakukan Operasi Pembasahan Lahan Gambut  Tahun 2023 

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove (BRGM) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumatera Selatan selaku KPA Tugas Pembantuan Restorasi Gambut Bersama Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Sumatera Selatan melaunching Operasi Pembasahan Lahan Gambut, Senin 29 Mei 2023 di HPT Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir.

BACA JUGA:Antisipasi Karhutla, Manggala Agni Daops Sumatera XVII Launching Patroli Terpadu

'' Ada 6 kabupaten di Sumsel segera melakukan pembahasan lahan gambut ini. Kabupaten pertama ya di Ogan Komering Ilir,'' kata Eko Agus Sugianto Ketua Tim Operasi Pembasahan  Lahan Gambut yang juga sekretaris TRGD Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 30 Mei 2023.

Eko yang Ketua KORMI Sumsel itu menjelaskan pada operasi pembasahan lahan gambut di OKI mengerahkan sejumlah peralatan.

''Kita siapkan peralatan 4 unit pompa apung dan 2 unit pompa air dengan target areal pembasahan seluas 10 hektar.''

Pembasahan lahan gambut, lanjut Eko akan digilir ke 6 kabupaten prioritas restorasi gambut. Yaitu Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir. 

BACA JUGA:Mau Beli BBM Bersubsidi di 234 Kabupaten dan Kota Ini Harus Gunakan QR Code, Yuk Daftar di MyPertamina

''Harapannya pembasahan lahan gambut untuk mengendalikan kerusakan ekosistem gambut dari kejadian kebakaran. sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang lebih luas,'' kata Ketua Tim Operasi Pembasahan  Lahan Gambut yang juga sekretaris TRGD Provinsi Sumatera Selatan.

Eko menambahkan operasi pembasahan lahan gambut melibatkan seluruh stake holder. Ini sesuai Peraturan Kepala BRGM Nomor : P.19/KaBRGM/2021.

Diharapkan dengan adanya operasi pembasahan lahan gambut akan mengurangi terjadinya kebakaran lahan gambut pada musim kemarau Tahun 2023.

Ir. H. Dharna Dachlan,MM Koordinator TRGD Sumatera Selatan menyambut positif adanya launching operasi pembasahan lahan gambut.

BACA JUGA:Kadis Pertanian Palembang Pensiun, 5 Pejabat Muda Ikut Lelang Jabatan

Dharna mengajak semua pihak untuk turut serta Bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran khususnya dilahan gambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: