WADUH! 16 Calon Jemaah Haji di Ogan Ilir Sengaja Tunda Keberangkatan, Sebagian Besar Alasannya Bikin Kaget

WADUH! 16 Calon Jemaah Haji di Ogan Ilir Sengaja Tunda Keberangkatan, Sebagian Besar Alasannya Bikin Kaget

Kasi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Ogan Ilir, Nelson Asmawi. Foto: Hetty/sumeks.co--

WADUH! 16 Calon Jemaah Haji di Ogan Ilir Sengaja Tunda Keberangkatan, Sebagian Besar Alasannya Bikin Kaget

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sedikitnya 16 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Ogan Ilir, memutuskan untuk menunda keberangkatan haji pada musim haji 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir, Nelson Asmawi mengungkapkan, 16 CJH yang menunda keberangkatan ini bermacam-macam alasan.

"Ada yang menunda karena sakit, ada juga yang masih kuliah di luar negeri, menunggu mahrom, serta ada yang sudah meninggal dunia. Namun, ada juga yang menunda karena biaya belum mencukupi," ungkapnya di ruang kerjanya, Rabu, 24 Mei 2023.

Menurut Nelson, awal mulanya kuota jemaah haji untuk Kabupaten Ogan Ilir berjumlah 151 orang dengan 10 orang cadangan. Namun, ada 16 orang CJH yang menunda keberangkatan, dan digantikan oleh 17 orang.

BACA JUGA:Bupati Enos Hadiri Bimbingan Manasik Haji Massal CJH OKU Timur, Ini Pesannya

"Nah kemarin kita mendapatkan lagi kuota tambahan sebanyak 10 orang, dan fix-nya jemaah haji kita berjumlag 161 orang yang akan berangkat," terangnya.

Ditambahkan Nelson, 16 orang CJH yang menunda keberangkatan pada musim haji 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini, akan diprioritaskan pada musim haji tahun depan.

"Untuk CJH asal Ogan Ilir tergabung dalam Kloter (Kelompok Terbang, red) 5, bersama dengan CJH asal OKU Timur," katanya.

Ke-161 CJH asal Kabupaten Ogan Ilir ini akan diberangkatkan pada tanggal 1 Juni 2023 nanti sekitar pukul 00.15 WIB menggunakan pesawat Saudi Airlines. Sebelumnya, mereka akan masuk Asrama Haji Palembang pada 31 Mei 2023.

BACA JUGA:370 CJH Sumsel Batal Berangkat, Kanwil Kemenag Keluarkan Himbauan

Dalam kesempatan tersebut, Nelson mengimbau, kepada keluarga CJH asal Kabupaten Ogan Ilir supaya tidak mengantar sampai ke Asrama Haji Palembang. 

"Karena akan percuma, keluarga tidak akan bisa bertemu lagi dengan CJH. Di Asrama Haji ini akan steril nantinya," imbaunya.

Untuk diketahui, CJH tertua asal Kabupaten Ogan Ilir bernama Rusna umurnya 91 tahun asal Kelurahan Tanjung Batu Timur. Kemudian, yang termuda itu bernama Muhammad Rizki Meldiansyah asal Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: