Mak Jleb! Ternyata Al Zaytun Pernah Dinobatkan Sebagai Ponpes Terbesar se-Asia Tenggara Lho...

Mak Jleb! Ternyata Al Zaytun Pernah Dinobatkan Sebagai Ponpes Terbesar se-Asia Tenggara Lho...

Pondok pesantren Al Zaytun Pernah Dinobatkan Sebagai Ponpes Terbesar se-Asia Tenggara--

Mak Jleb! Ternyata Al Zaytun Pernah Dinobatkan Sebagai Ponpes Terbesar se-Asia Tenggara Lho...

SUMEKS.CO - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, beberapa waktu terakhir menjadi sorotan publik, lantaran video sholat dan adzan Idulfitri 1444 Hijriah yang "nyeleneh" beredar di jagat media sosial.

Bahkan, oleh sebagian besar umat Muslim di Indonesia usai video itu beredar menilai tata cara sholat dan adzan yang tidak lazim adalah ajaran sesat.

Menarik untuk diulas kembali, sejarah atau rekam jejak Ponpes Al Zaytun yang konon dahulunya adalah Ponpes terbesar se-Asia Tenggara ini.

BACA JUGA:Wow...Kepala Staf Kepresidenan Sanjung Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al Zaytun Indramayu, Pujian untuk Apa Ya?

Berdasarkan data Wikipedia, Ponpes Al Zaytun adalah sebuah Ponpes yang terletak di desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat.

Ponpes ini, merupakan usaha dari Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), yang memulai pembangunannya pada 13 Agustus 1996 silam.

Ponpes Al Zaytun pada saat dibgaun berdiri diatas lahan seluas lebih kurang 1200 hektar.

Pembukaan awal pembelajaran, dilaksanakan pad tanggal 1 Juli 1999 dan peresmian secara umum baru dilakukan pada 27 Agustus 1999 oleh Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

BACA JUGA:Miris...Jejak Digital Ungkap Sosok Pendiri Ponpes Al Zaytun Pernah Terseret Kasus Dugaan Asusila, Kok Bisa?

Ponpes Al Zaytun ini, dipimpin oleh alumni Ponpes Gontor yaitu Dr. DR (HC) Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang MP atau nama lain Syekh Panji Gumilang

Tercatat pada tahun 2011 saat itu, telah ada kurang lebih 7 ribu santri yang menimba ilmu di Ponpes Al Zaytun.

Tidak hanya dari dalam, santri-santri tersebut juga berasal dari luar daerah di Indonesia seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste bahkan Afrika Selatan.

Pantas saja saat itu, media Washington Times pada tahun 2005 menyebut bahwa Ponpes Al Zaytun sebagai Pesantren terbesar se-Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: