115 Kilogram Sabu yang Diamankan BNNP Sumatera Selatan Buatan Sindikat Golden Triangle

115 Kilogram Sabu yang Diamankan BNNP Sumatera Selatan Buatan Sindikat Golden Triangle

Sabu sebanyak 115 kilogram yang diamankan BNN Provinsi Sumatera Selatan buatan sindikat Golden Triangle. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 115 kilogram sabu-sabu berhasil diamankan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan.

Petugas juga mengamankan Nurhasan (47) warga Jl S Supratman, Kelurahan Sukajaya, Palembang.

Dia ditangkap saat melintas di Jalan Kolonel Dani Efendi, Talang Betutu, Kecamatan Sukarami Palembang, Selasa 24 Januari 2023 sekitar pukul 11.30 WIB lalu. 

Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Djoko Prihadi mengatakan sabu tersebut didistribusikan dari Aceh melalui Pekan Baru, Dumai, kemudian dibawa ke Palembang. 

BACA JUGA:Kasus 115 Kilogram Sabu yang Masuk ke Palembang, Kepala BNNP Sumatera Selatan: Bukan Residivis Kasus Narkoba

Dikatakan Djoko Prihadi, tersangka ini bukanlah kurir tetapi sebagai pengendali dan distributor untuk wilayah Sumatera Selatan. 

Terindikasikan akan didistribusikan ke wilayah yakni Pali, Musi Banyuasin, OKI, dan Lampung. 

“Untuk pengembangan berikutnya jaringan-jaringan ini dengan bekerjasama stakeholder lainnya Kepolisian, Bea Cukai, BNN Pusat, Mabes Polri, untuk mengembangkan jaringan lebih besar lagi," ungkap Djoko Prihadi. 

Untuk jaringan ini juga melibatkan jaringan Internasional dilihat dari kemasannya yang merupakan barang baru.

BACA JUGA:Fakta-fakta Terungkapnya Penyelundupan 115 Kilogram Sabu ke Palembang yang Digagalkan BNNP Sumatera Selatan

"Di dalamnya ada lambang hologram gambar naga dan diamond bertuliskan excellent. Artinya, barang ini cukup bagus dan sudah dicek di Labfor Polda Sumsel memang cukup bagus dan benar sabu," tegas Djoko Prihadi. 

Asalnya? Djoko Prihadi menambahkan, sabu-sabu itu buatan sindikat Golden Triangle (penghasil sabu terbesar di Asia), yakni Laos Utara, Myanmar dan Thailand. 

"Informasinya diproduksi di sebuah pabrik Myanmar. Memang  Myanmar, Thailand, dan Laos Utara ini merupakan daerah tempat mereka memproduksi dan daerah yang sulit dijangkau oleh aparat keamanan negara setempat maupun gabungan sehingga leluasa memproduksi," terangnya. 

Penangkapan besar sabu ini bisa menyelamatkan generasi muda dan bangsa sekitar 11 juta lebih hampir seluruh penduduk Palembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: