Cegah PTM, Warga Desa Cahya Bumi Diminta Rutin Kunjungi Posyandu dan Posbindu

Cegah PTM, Warga Desa Cahya Bumi Diminta Rutin Kunjungi Posyandu dan Posbindu

Warga Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, OKI mengikuti penyuluhan kesehatan dari Satgas TMMD dan Dinkes OKI, Kamis 20 Oktober 2022. Foto: Niskiah/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Warga Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diminta untuk rutin mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu). 

Hal tersebut untuk mengecek riwayat kesehatan sedini mungkin, sehingga dapat mencegah dan mengendalikan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. 

Imbauan kepada masyarakat Desa tersebut, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat itu sendiri, dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, bertempat di rumah Kades, Kamis 20 Oktober 2022.

"Penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan hari ini memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan terutama mencegah penyakit menular yang menyebabkan kematian," ujar dr Wika Rianti MKes didampingi oleh Kordinator Penyuluhan Kapten Kav HL Sinaga SH. 

BACA JUGA:Pangdam II/Sriwijaya Yakin Pengerjaan TMMD ke-115 Selesai Tepat Waktu

Diterangkan dr Wika, adanya penyuluhan ini kepada masyarakat Desa maka dapat mengetahui betul apa itu Penyakit Tidak Menular (PTM). Dengan begitu masyarakat dapat membudayakan pola hidup sehat untuk mencegahnya. Di dalamnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Termasuk rutin mendatangi Posbindu yang ada di Desa untuk mendeteksi dini kesehatan. Ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan faktor resiko penyakit tidak menular.

"Masyarakat diimbau untuk kunjungi Posbindu minimal tiga bulan sekali, guna mengecek riwayat kesehatan sedini mungkin," ucapnya. 

Di hadapan masyarakat yang hadir mendengarkan penyuluhan kesehatan, disampaikan, PTM itu adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Kategori PTM di antaranya stroke, jantung koroner, kanker, diabetes melitus dan lainnya. 

BACA JUGA:Tak Hanya Kerjakan Sasaran Fisik, Prajurit TNI Juga Ajarkan Anak-anak Mengaji di Lokasi TMMD

Selain penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, di lokasi TMMD itu masyarakat juga langsung mendapatkan pelayanan kesehatan seperti pelayanan pemeriksaan kesehatan, pelayanan KB dan lainnya. Dimana pelayanan kesehatan kepada masyarakat telah dilaksanakan sejak awal pembukaan. 

"Kami selaku masyarakat desa sangat senang dan berterima kasih dengan diadakannya penyuluhan kesehatan ini, termasuk pelayanannya. Selama kegiatan TMMD ini telah banyak yang diberikan prajurit TNI dan unsur pemerintahan kepada yang bermanfaat. Jadi bukan pembangunan saja," beber Kades Cahya Bumi Komarodin SE MM. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: