Cek Harga dan Bangunan, Wabub Muratara Sidak ke Pasar Lawang Agung

Cek Harga dan Bangunan, Wabub Muratara Sidak ke Pasar Lawang Agung

akil Bupati Musi Rawas Utara H Inayatullah sidak ke Pasar Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Muratara.-Zulkarnain-

SUMEKS.CO, MURATARA - Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) H Inayatullah dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

"Saya sidak mengecek jalannya pembangunan siring pasar. Serta mengecek lokasi dan kondisi pasar dalam aturan tata ruang pedagang," kata Inayatullah, Selasa (5/7).

Setelah melihat langsung kondisi Pasar Lawang Agung, Inayatullah, mengatakan perlu pintu keluar masuk di Blok A dan B.

"Karena akses keluar masuknya terbatas, jadi Kita minta dibuatkan pintu keuar masuk disisi Blok A dan B," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Muratara Ajak Warga Budidaya Bawang Merah

Dia juga mengintruksikan Disperindagkop agar terus memantau harga bahan pokok yang hampir di setiap daerah alami kenikan harga.

"Dispridagkop untuk terus memantau harga dan membantu mengendalikan harga. Jangan sampai ada pedagang secara sepihak menaikan harga," timpalnya.

Saat ini, sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga. Diantaranya, bawang, cabai, telur, dan lainnya.

"Mudah-mudahan harga itu bisa Kita kendalikan dan jangan sampai naik terlalu tinggi," tutupnya.

BACA JUGA:Temui Warga Nibung, Pernyataan Bupati Muratara Bikin Terharu

Sementa itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM, Susyanto Tunut, melalui Kabid Perdagangan Pasar Azhari, mengungkapkan Wakil Bupati Muratara mengecek pembangunan pasar dan pengecekan sejumlah harga produk yang dijual para pedagang.

"Wabub tadi minta seluruh pembangunan yang dikerjakan di sekitar Pasar Lawang Agung, seperti bangunan dan siring dibuat serapih mungkin. Dan Dia secara langsung yang akan memonitor," bebernya.

Terkait harga, dikatakan Azhari, Wakil Bupati sempat berkomunkasi secara langsung dengan pedagang. Menanyakan stok pedagang terutama menjelang hari raya qurban.

"Memang sejumlah harga saat ini tengah alami kenaikan dan itu berlaku secara nasional. Tapi jika dibanding daerah lain harga di wilayah Kita masih terjangkau, dan stok pedagang juga banyak," timpalnya.

BACA JUGA:Pejabat-ASN di Muratara Masih Banyak Keluar Daerah

Pihaknya mengaku, pemerintah daerah saat ini tidak bisa melakukan operasi pasar terkait kenaikan sejumlah harha tersebut. Mengingat saat ini Kabupaten Muratara tengah mengalami defisit anggaran.

"Tentunya kalau operasi pasar itu produk yang naik itu kita subsidi, supaya harganya murah. Tapi mengingat anggaran Kita terbatas kondisi itu sepertinya belum bisa kita lakukan," ujarnya.(cj13)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: