Anggaran Minim, Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Muratara Ngeluh

 Anggaran Minim, Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Muratara Ngeluh

Kepala Dinas DPMPD Hj Gusti Rohmani.-Zulkarnain-

SUMEKS.CO, MURATARA - Panitia pelaksana pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), mengeluhkan kecilnya anggaran penyelenggaraan Pilkades. 

Yusri, salah satu panitia penyelenggara Pilkades Kecamatan Rupit menuturkan, adanya ketidaksesuaian antara jumlah mata pilih dengan anggaran yang tersedia.

"Ada desa seperti Lubuk Rumbai dan Beringin Rupit, cuma dua TPS dan ada desa lain seperti Lawang Agung mencapai 9 TPS karena mata pilih banyak, tapi anggaran tetap sama Rp20 juta," ucapnya.

Menurutnya, untuk persiapan pelaksanaan Pilkades di desa yang banyak matapilih, seharusnya ada penambahan anggaran. 

BACA JUGA:HUT RI Pemkab Muratara Gelar Sedekah Ramo Akbar di Danau Raya

"Kalau 9-10 TPS itu paling tidak butuh anggaran sampai Rp60 juta. Kalau cuma dua TPS mungkin cukup Rp20 juta, Kami harap tidak terjadi penyeragaman seperti sekarang," tukasnya. 

Camat Karang Jaya, Fuaad mengakui adanya desakan panitia penyelenggara Pilkades terkait minimnya anggaran. 

"Iya itu banyak yang desak minta ditambah, mereka bilang Rp20 juta itu kurang. Saya sampaikan anggaranya memang minim, jadi panitia Pilkades harus jeli menggunakan anggaran yang tersedia," timplanya.

Terkait rumor, tidak sedikit panitia penyelenggara Pilkades yang mengaku tidak sanggup melaksanakan Pilkades, akibat kekurangan dana, Fuad mengatakan, seharusnya kondisi itu bisa dirumuskan bersama ditingkat panitia desa.

BACA JUGA:Giat Bidang Keagamaan, Pemkab Muratara Gelar Tablig Akbar

"Untuk tenda, kursi dan lainnya mungkin bisa pakai dulu yang punya persatuan di desa. Intinya di musyawarahkan saja, Kami dari kecamatan tidak bisa intervensi," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMPD Hj Gusti Rohmani menuturkan, pihaknya sudah mendengar adanya rumor keberatan soal anggaran penyelenggaraan Pilkades. Namun untuk saat ini kondisi yang terjadi di Muratara memang seperti itu.

"Kami sudah mengusulkan ke DPRD untuk penambahan anggaran penyelenggaran Pilkades. Kita tidak bisa memutuskan sendiri dan hanya berharap ada penambahan anggaran," tegasnya.

BACA JUGA:Debat Terbuka Hauling, Anggota DPRD Muratara Absen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: