Siap-siap! Ini Kata MenPAN RB Pemindahan ASN ke IKN

Siap-siap! Ini Kata MenPAN RB Pemindahan ASN ke IKN

Siap-siap, ini kata MenPAN RB pemindahan ASN ke IKN. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Dimana untuk rencana pemindahan ASN ke IKN telah mundur beberapa kali. Bahkan mulanya pemindahan ini direncanakan untuk digelar sebelum 17 Agustus.

Namun diundur ke September, diundur lagi ke Oktober, hingga akhirnya ke tahun depan.

BACA JUGA:Bela 2 Negara, Midfielder Belanda Tijani Reijnders Senang Adiknya Eliano Kenakan Jersey Nomor 7 Timnas Garuda

BACA JUGA:Wow! Pembangunan Masjid di IKN Habiskan Rp940 Miliar, Kapasitas Setengah dari Istiqlal

Diungkapkan Anas, persiapan pemindahan ASN sejatinya telah selesai sejak beberapa waktu lalu. Namun Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyempurnakan kembali kesiapan ekosistem IKN sebelum pemindahan ibu kota.

Jadi, lanjut Anas, oleh karena itu, rencana pemindahan ASN ke IKN diundur. Hal ini berarti, pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan di pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

Adapun pemerintahan Jokowi sendiri akan berakhir per 20 Oktober 2024 ini. Sehingga tidak lama lagi. 

"Ditanya terus sama wartawan ini, kapan pindah ke IKN? Tadinya September ke Oktober. Karena Presiden bukan soal apa, tadi Pak Menteri PU, Kepala OIKN tadi sampaikan sudah selesai (persiapan sarana prasarana). Tapi kita diminta ekosistemnya dibereskan," ujarnya.

BACA JUGA:Uniknya Kostum Miss Grand Internasional 2024 dari Indonesia, Hidangan Masakan Padang Tersaji dalam 1 Balutan

BACA JUGA:Kenapa ASN Masih Belum Pindah ke IKN? Ini Alasannya!

Dengan turunnya perintah pemindahan di Januari 2025 mendatang, Anas mengatakan, pihaknya akan mematangkan persiapan pemindahan hingga perumusan tunjangan ASN ke IKN.

"Yang jelas kita segera akan siapkan skema dan pemerangkatannya, termasuk insentif dan lain-lain. Kita ini mau selesai, tapi tugasnya tambah di ujung-ujung (masa jabata ini. Berarti lembur lagi Pak Aba (Deputi Bidang SDM Aparatur) nanti malam," canda Anas.

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mulanya merencanakan pemindahan ASN mulai dilakukan pada sebelum 17 Agustus. Diperkirakan untuk tahap awalnya ada sekitar 1.700 ASN yang akan pindah.

Anas sebelumnya pernah menyampaikan, pihaknya telah membuat simulasi dengan seluruh Sekretaris Jenderal (Sekjen) kementerian hingga Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

BACA JUGA:Waktu Tempuh ke IKN Hanya 15 Menit, Ruas Tol dan Bandara Nusantara Selesai 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: