Bangkitkan UMKM Palembang dan Berdaya Saing Tinggi, Pertamina Bakal Gelar SMEXPO

Bangkitkan UMKM Palembang dan Berdaya Saing Tinggi, Pertamina Bakal Gelar SMEXPO

Guna membangkitkan UMKM di Palembang, PT Pertamina Bakal Segera menggelar SMEXPO yang digelar pada 23-25 Agustus mendatang--

Melalui program kemitraan yang berkelanjutan, Pertamina terus berupaya untuk memberdayakan UMKM agar menjadi pelaku usaha yang tangguh dan berdaya saing. 

BACA JUGA:Dorong UMKM Naik Kelas, Mitra Binaan Pusri Berjaya di PaDi UMKM Hybrid Expo dan Conference 2024

BACA JUGA:Dukung Pengembangan UMKM, Bukit Asam Raih Penghargaan Bergengsi dari Kadin Sumsel

perhelatan Pertamina SMEXPO Palembang 2024 merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Dengan dukungan dari Pertamina, UMKM yang berpartisipasi dalam SMEXPO 2024 diharapkan mampu memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat posisi mereka di pasar nasional. 

Acara ini bukan hanya sekadar pameran, tetapi juga merupakan bagian dari upaya besar Pertamina dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi, melalui pemberdayaan UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Sebagaimana dikatakan Presiden Joko Widodo pada akhir 2023 lalu, Produk domestik bruto (PDB) ekonomi Indonesia, 61 persennya didukung oleh UMKM. Penyerapan tenaga kerja d sektor UMKM di Indonesia bahkan menembus 97%. Angka tersebut menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, sebagaimana dikutip dari laman https://www.presidenri.go.id.

BACA JUGA:Hutama Karya Perkuat UMKM di Rest Area JTTS untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 untuk UMKM, Ini Simulasi Ajukan Pinjaman KUR Mandiri Super Mikro, Plafon Hingga Rp50 Juta

“Bayangkan, dengan membeli dan mendukung produk-produk UMKM, kita turut berperan serta berkontribusi dalam memperkuat ekonomi nasional, membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, dan mendorong inovasi lokal yang mampu bersaing di kancah nasional dan internasional,” tutur Rachmi.

Pameran SMEXPO ini merupakan bentuk dari pembinaan terhadap pelaku UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, memperluas akses pasar, hingga berujung pada pertumbuhan ekonomi. 

Dan merupakan implementasi Pertamina terhadap prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) pada aspek Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta sejalan dengan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social & Governance).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: