Bangka Belitung Borong 12 Penghargaan Non Litigation Peacemaker di Paralegal Justice Award 2024

Bangka Belitung Borong 12 Penghargaan Non Litigation Peacemaker di Paralegal Justice Award 2024

Sebanyak 12 Kades/Lurah dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dianugerahi predikat Non Litigation Peacemaker (NLP) yaitu anugerah berupa titel non akademik NLP yang diberikan kepada kepala desa dan lurah yang telah mengikuti dan lulus Paralegal Academy.--

Lebih lanjut disampaikan, pemenuhan akses terhadap keadilan bagi masyarakat masih menjadi tantangan besar.

Keterbatasan aktor yang melakukan penyelesaian sengketa melalui jalur non-litigasi menyebabkan layanan hukum tak dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, peran kepala desa dan lurah sebagai paralegal sangat dibutuhkan guna meningkatkan jangkauan layanan dan bantuan hukum.

Menyadari pentingnya hal tersebut, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM menggelar Paralegal Justice Award (PJA) 2024 pada Sabtu 1 Juni 2024.

BACA JUGA:Remaja di Prabumulih Masuk Jeruji Besi Usai Ditangkap Polisi Lantaran Masalah Sepele Ini

BACA JUGA:Timnas Indonesia vs Tanzania Berakhir dengan Skor Kacamata 0-0, Banyak Peluang Tersaji Namun Gagal Berbuah Gol

Melalui ajang ini, BPHN mengapresiasi kepala desa dan lurah yang telah berhasil menyelesaikan sengketa di wilayahnya secara damai (non-litigasi) dan menciptakan keadaan desa yang tertib. 

“Paralegal Justice Award bukanlah merupakan ajang perlombaan menang atau kalah, melainkan wadah dalam memotivasi kepala desa/lurah dalam memberikan pelayanan hukum non litigasi sebagai implementasi hadirnya negara ditengah masyarakat,” ujar Widodo.

Sebanyak 1.067 kepala desa dan lurah dari 34 provinsi mendaftar pada PJA 2024. Setelah melalui berbagai seleksi, terpilih 300 peserta yang terdiri dari 180 kepala desa dan 120 lurah mewakili 33 provinsi, 178 kabupaten/kota, serta 263 kecamatan. 

BACA JUGA:Puluhan Baliho Balon Wali Kota Prabumulih Ngesti Ridho Yahya Dirusak, Begini Respon Tim Pemenangan

BACA JUGA:Dilepas Pj Bupati, Jamaah Calon Haji Kloter 18 OKI Gelombang Dua Diberangkatkan

Acara penganugerahan tersebut berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Non Yudisial Suharto, Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung H. Dwiarso Budi Santiarto, Perwakilan dari Kemendagri, Kemendes PDTT, Ketua Pengurus Dewan Sengketa Indonesia, Dewan Pakar Paralegal Academy 2024, Dr. Demas Brian Wicaksono dan Dr. Khairul Fahmi, dan Guru besar Fakultas Hukum UI Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie.

Lalu hadir juga Para Pimpinan Tinggi di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, para Kakanwil Kemenkumham dan Kadivyankumham dari seluruh Indonesia.

Dari Bangka Belitung hadir Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman, Kepala Bidang Hukum, Eko Saputro, serta Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH, Muhamat Ariyanto. Turut hadir Pj. Bupati Belitung Yuspian dan Staf Ahli Bupati Bangka Tengah A. Syaiful Nizam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: