Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi--

1. Melindungi Tubuh dari Racun

Rasulullah Salallahu ‘alahi wassalam pernah bersabda; “Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. 

Dan benar saja, dalam satu cerita dikisahkan ada seorang wanita yahudi yang melakukan percobaan pembunuhan kepada Rasulullah dengan menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada Perang Khaibar. 

Ternyata racun yang tertelan oleh beliau bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. 

Bisyir Ibnu al-Barra’, salah seorang sahabat yang juga ikut memakan racun tersebut akhirnya meninggal, namun Rasulullah selamat.

2. Mengandung Zat Anti Kanker

Dalam sebuah penelitian di Mesir, ternyata penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengkonsumsi kurma. 

Dan belakangan terbukti bahwa itu dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel kanker. 

Sebagai mana diketahui, sebagian besar penduduk jazirah arab atau yang tinggal di daerah sahara dan oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok.

Kurma adalah salah satu makanan khas di Timur Tengah, bahkan kaum Arab Badui, menjadikan kurma secara teratur. 

Menurut sebuah survei, prevalensi pengidap kanker dan sakit jantung pada Suku Baduwi sangat kecil dan paling rendah dibanding penduduk Arab lain.

3. Memiliki Kadar Gula yang Tinggi

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan dari Anas Radhiyallahu, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air”.

Hal ini menjelaskan bahwa sebetulnya kurma mempunyai kandungan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. 

Dan benar saja, ternyata kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, yang mampu menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: