Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi--

Hebatnya lagi, kenapa Rasulullah menganjurkan berbuka dengan kurma adalah bukan tanpa alasan. 

Ternyata setiap 100gram kurma segar mengandung 277 kalori yang diperoleh dari 58 persen karbohidrat, serta karbohidrat yang terkandung dalam kurma pun berbentuk rantai pendek dan mudah larut dalam air yang fruktosa. 

Sehingga energi yang disediakan oleh kurma lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding jika mengkonsumsi gula sukrosa seperti gula tebu.

4. Sebagai Sumber Protein

Kandungan total protein pada buah kurma mencapai 1.4-1.7gram/100gram kurma basah, jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah protein yang terdapat pada daging. 

Kandungan protein pada buah kurma, akan mencapai puncaknya pada tahap kematangan dan terus menurun seiring dengan derajat kematangan buah. 

Kandungan lain yang terkandung dalam kurma seperti Treonin, Lisin dan Isoleusin sebagai asam amino esensial, yang jumlahnya mencapai ratusan kali lebih banyak dari yang terkandung dalam buah apel.

5. Mengandung Multivitamin Lengkap

Kandungan yang juga amat penting yang terdapat pada kurma adalah Kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar. 

Vitamin A juga berkhasiat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan orang gurun rajin mengkonsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. 

Selain itu kurma juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan.

6. Kaya Serat

Serat yang terkandung dalam kurma ternyata mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. 

Kandungan serat dalam kurma juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.

Hal itu dikarenakan, serat berfungsi membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengingat bahan kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: