5,3 Triliun Uang Layak Edar Siap Ditukar di Palembang! Cek 145 Titik Lokasinya

5,3 Triliun Uang Layak Edar Siap Ditukar di Palembang! Cek 145 Titik Lokasinya

Bank Indonesia Siapkan Rp5,3 Triliun Uang Layak Edar untuk Penukaran di Palembang-foto doksumeksco-

SUMEKS.CO – Bank Indonesia melalui kantor perwakilan BI Sumsel sudah menyiapkan uang layak edar sebesar Rp5,3 Triliun di 145 titik lokasi penukaran di Palembang.

'' Uang layak edar kita siapkan untuk mengcover wilayah Sumsel selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024,'' kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumsel Ricky P Gozali.  

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka uang layak edar tahun 2024 mengalami peningkatan hampir 12 persen.

Tahun lalu uang layak edar berada di angka sebesar Rp4,7 triliun, lanjut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Sumsel. 

BACA JUGA:Luncurkan LPI 2023, Gubernur Bank Indonesia Sampaikan Tiga Pelajaran Penting, Simak

BACA JUGA:Destry Damayanti Pimpin Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ini Harapannya

Secara nasional, diperkirakan kebutuhan akan penukaran uang layak edar meningkat sebesar 4,65 persen dibanding tahun sebelumnya. 

“Tahun ini Bank Indonesia menyiapkan nominal uang tukaran lebih besar dibanding tahun sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024,” ungkap Ricky dalam sebuah kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Senin 18 Maret 2024. 

Ia juga mengungkapkan jika peningkatan ini sejalan dengan aktivitas perekenomian masyarakat nasional yang kembali pulih usai kondisi covid berlalu. 

Itulah sebabnya pihak BI memprediksi jika jumlah kebutuhan uang layak edar di masyarakat akan meningkat pesat, terutama saat momen Hari Besar Keagamaan Nasional Ramadhan dan Idul Fitri mendatang. 

BACA JUGA:Mantap! Ratu Dewa Dinobatkan Jadi Duta QRIS Kota Palembang oleh Bank Indonesia

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemkot Palembang dan Bank Indonesia Geber Pasar Murah Digital

Terkait titik lokasi layanan penukaran uang layak edar, BI Sumsel sudah menyiapkan sebanyak 145 titik yang tersebar merata di wilayah Sumatera Selatan. 

Sama seperti tahun lalu, untuk tahun ini BI akan kembali bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut Palembang dalam melakukan kegiatan susur Sungai untuk menjangkau daerah blankspot agar tetap mendapat layanan penukaran uang cash. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: