8 Tradisi Unik dan Penuh Makna Menghiasi Perayaan Imlek di Indonesia

8 Tradisi Unik dan Penuh Makna Menghiasi Perayaan Imlek di Indonesia

Imlek merupakan perayaan yang penuh makna dan tradisi, dan merupakan bagian penting dari budaya Tionghoa.--

4. Hidangan khas Imlek 

Pada perayaan Imlek juga wajib ada hindangan khas Imlek. Cukup banyak makanan khas Imlek. 

Umumnya, hidangan yang disajikan  terdiri dari 12 jenis makanan, yang merepresentasikan 12 macam shio kepercayaan masyarakat Tionghoa. 

Setiap hidangan tersebut juga punya maknanya masing-masing. Salah satunya adalah kue lapis, yang melambangkan rezeki yang berlapis bagi sang pemilik rumah. 

BACA JUGA:Pedagang Narkoba Maroko Stop Jual Ganja pada Pengedar Israel, Netizen: ‘Mereka Penjahat, Bukan Monster!’

Kemudian, mie panjang umur sebagai doa umur panjang bagi yang menyantapnya. Selain itu, ada juga hidangan kue keranjang dan permen manis menandakan simbol kehidupan yang manis dan rejeki yang lebih baik akan selalu meliputi rumah tersebut di tahun baru. 

5. Atraksi barongsai 

Atraksi barongsai sendiri masih terus dilestarikan oleh masyarakat Tionghoa saat perayaan Imlek berlangsung.

Maka oleh karena itu, tradisi barongsai wajib ada pada perayaan Imlek. Biasanya, akan ada dua orang yang bermain akrobat untuk memerankan barongsai. 

Mereka akan mengenakan kostum layaknya singa dengan satu orang mengisi bagian belakang dan lainnya mengendalikan sisi tubuh singa bagian belakang.

BACA JUGA:Tak Ada Bisul, 8 Khasiat Mengkonsumsi 2 Butir Telur, Terasa Sekejab Benar-benar Diluar Dugaan

Bukan hanya sekedar atraksi, tetapi pertunjukan ini diawali dengan sejarah kehadiran monster pada sebuah kampung di dataran China. Kemudian, warga berinisiatif untuk menyamar menjadi singa dan menakuti balik monster tersebut. 

Hingga saat ini, tradisi pertunjukan barongsai tetap melekat erat sebagai simbol keberuntungan, kebahagiaan, dan pengusir roh jahat.

6. Mengunjungi keluarga

Pada perayaan Imlek juga wajib adanya tradisi mengunjungi keluarga. Jadi layaknya hari perayaan pada umumnya, momen perayaan Imlek sendiri juga identik dengan berkumpul dan mengunjungi keluarga serta kerabat dekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: