Mengerikan! Hujan Es Batu Hantam Pemukiman, Seperti di Medan Perang, Pertanda Apakah Ini?

Mengerikan! Hujan Es Batu Hantam Pemukiman, Seperti di Medan Perang, Pertanda Apakah Ini?

Fenomena alam mengerikan hujan es batu yang menghantam pemukiman warga, yang membuatnya menjadi seperti medan perang. --

Awan Cb ini dapat terbentuk dari dua proses, yakni strong updraft dan downdraft, dan lower freezing level.

Pertama, awan Cb dapat terbentuk karena proses pergerakan massa udara naik dan turun yang sangat kuat alias strong updraft dan downdraft. 

Strong updraft diketahui dapat membawa uap air naik hingga suhu udara menjadi sangat dingin dan uap air membeku menjadi partikel es.

Kedua, awan Cb juga dapat terbentuk karena adanya lapisan tingkat pembekuan atau freezing level yang lebih rendah dari ketinggian normalnya. 

BACA JUGA:5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui, Nomor 2 dan 4 Bikin Syok Pembaca

Freezing level ini merupakan lapisan pada ketinggian tertentu di permukaan bumi yang suhu udaranya bernilai nol derajat celcius.

"Pada ketinggian ini, butiran air umumnya akan membeku menjadi partikel es. Di Indonesia umumnya lapisan tingkat pembekuan berada pada kisaran ketinggian antara 4-5 km di atas permukaan laut," kata Hary.

Lebih lanjut, Hary menuturkan bahwa hujan es hanya bisa diprediksi 30 menit hingga satu jam sebelum kejadian. 

Dia menyebut hujan es ini kecil kemungkinannya untuk kembali terjadi di tempat sama dalam waktu yang singkat. (*)

@jamal_alrusydan Hujan Es Batu #beritaterkini #hujanesbatu #beritaviral #baru #trending #viralvideo #viraltiktok #viralkan #berandatiktok #berandafyp #longervideos #masukberanda #fypシ゚viral #fyp #fypシ ♬ suara asli - Jamal alrusydan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: