Antisipasi Penurunan Jalan di Jalur Koneksi Tol Palindra dan Kapal Betung, Hutama Karya Terapkan Metode Khusus

Antisipasi Penurunan Jalan di Jalur Koneksi Tol Palindra dan Kapal Betung, Hutama Karya Terapkan Metode Khusus

PT Hutama Karya sedang melakukan pembangunan jalur koneksi antara Tol Palindra dan Tol Kapal Betung, yang diprediksi selesai pada tahun 2025.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - PT Hutama Karya (Persero) sedang melakukan pembangunam jalur koneksi, antara Tol Palembang-Indralaya dengan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung). 

Terhadap jalur koneksi ini, PT Hutama Karya akan menerapkan metode timbunan geofoam dan pile slab di kawasan tersebut. Mengingat, area pembangunan tersebut terdapat rawa yang menyulitkan pengerjaan

"Untuk kawasan dengan kondisi tersebut, HK akan menggunakan metode ini. Metode ini dilakukan sebagai pengganti timbunan di belakang oprit," sebut EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo. 

BACA JUGA:Tahun Depan, Tol Palindra Bakal Terintegrasi dengan Tol Kapal Betung, Mau ke Lampung Jadi Lebih Mudah Loh

Menurut Tjahjo, metode ini dilakukan untuk meminimalisir penurunan jalan yang biasanya terjadi pada titik temu antara timbunan dengan struktur. Sehingga, dengan demikian proses pembangunan akan sempurna. 

Sebagaimana diketahui, Tol Palindra bakal segera terintegrasi dengan Tol Kapal Betung. Tjahjo mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengerjaan konstruksi di dekat Gerbang Tol Palindra

"Saat ini progres pengerjaannya baru 5,15 persen," ujarnya.

BACA JUGA:Siap-Siap! Tarif Tol Palindra di Ogan Ilir Bakal Naik, Bagaimana dengan Tol Indralaya-Prabumulih?

Ditambahkan Tjahjo, Hutama Karya sedang melakukan tahapan pengerjaan  pemancangan struktur pile slab atau jembatan layang yang berada di samping Gerbang Tol Palembang. 

Lalu, pengerjaan lainnya yaitu melakukan pemotongan cut-off pile (co-p) atau tiang pancang sesuai desain, dan clearing, yang juga berada di samping Gerbang Tol Palembang.

Jalur integrasi antara Tol Palindra dengan Tol Kapal Betung ini, menurut Tjahjo, akan terletak di Kilometer 2 Tol Palindra dan Kilometer 366 di Tol Kapal Betung. 

BACA JUGA:5 Tahun Beroperasi, Tol Palindra Ternyata Berperan Penting Bagi Warga Ogan Ilir, Apa Saja?

"Proyek ini kita targetkan selesai pada Triwulan I tahun 2025 mendatang," jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, usia Tol Palindra saat ini sudah memasuki tahun ke sembilan pembangunan. Sedangkan, Tol Kapal Betung sendiri dibangun sejak 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: