Simak 6 Teknik Ala Jepang untuk Mengatasi Rasa Malas, Yuk Tiru Biar Produktif!

Simak 6 Teknik Ala Jepang untuk Mengatasi Rasa Malas, Yuk Tiru Biar Produktif!

Ilustrasi--net

Simak 6 Teknik Ala Jepang untuk Mengatasi Rasa Malas, Yuk Tiru Biar Produktif!

SUMEKS.CO - Rasa malas yang berkepanjangan sehingga membuat hari tidak produktif. Jika itu yang terjadi ini ada tips dari Jepang, yang dapat ditiru.

Ada beberapa teknik ala Jepang untuk menghilangkan rasa malas. Orang Jepang memiliki budaya yang cenderung dapat mendorong disiplin, tanggung jawab dan kerja keras.

Berikut ada beberapa cara yang sering digunakan orang di Jepang untuk mengatasi rasa malas hingga dapat meningkatkan produktivitas.

BACA JUGA:Berikut 6 Teknik Relaksasi Sederhana yang Mampu Meredakan Stres Agar Hidup Lebih Tenang

Orang Jepang memiliki cara atau teknik yang khusus untuk mengatasi dan melawan rasa malas dalam dirinya.

Oleh sebab itu tidak heran dengan cara melawan rasa malas orang Jepang merupakan menjadi bangsa yang produktif dalam bekerja.

Nah yuk simak apa saja teknik ala orang jepang untuk mengatasi rasa malas yang dapat kita tiru, diantaranya:

1. Konsep Ikigai

BACA JUGA:Simak 7 Prinsip Filosofi Stoikisme, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Tenang

Konsep ikigai memberikan bahwa orang jepang harus memiliki atau menemukan tujuan hidup selama didunia.

Oleh sebab itu agar kita terhindar dari rasa malas kita dapat menurunkan konsep ala Jepang satu ini, agar dapat mendorong untuk melawan kemalasan.

Dengan mengetahui tujuan hidup, sehingga ia dapat untuk bergerak menjalani atau menciptakan motivasi yang kuat sehingga dapat mengatasi rasa malas.

2. Konsep Kaizen

BACA JUGA:Biar Hidup Lebih Menyenangkan, Ini 5 Cara Nyaman Menjadi Diri Sendiri

Konsep kaizen merupakan konsep untuk melawan rasa malas dengan melakukan kegiatan dari hal-hal kecil.

Konsep ini juga mengajarkan bahwa untuk melawan rasa malas hari dari hal kecil secara konsisten sehingga dapat menghasilkan perubahan yang besar dalam kurun waktu jangka panjang.

3. Konsep pomodoro

Konsep pomodoro merupakan konsep yang mengatur manajemen waktu dengan porsi istirahat agar dapat meminimalisir  mengatasi rasa malas melanda.

BACA JUGA:Coba Terapkan 5 Cara Ini Agar Berhenti Jadi Orang yang Gak Enakan, Yuk Buat Hidup Lebih Tenang

Konsep ini memberi ajaran akan fokus dan konsentrasi secara tinggi selama 30 menit waktu kerja, lalu 5 menit untuk istirahat.

Oleh karena itu hal ini bertujuan untuk memberi otak kesempatan untuk rileks sejenak, ulangi hal ini sebanyak 4 kali baru nanti istirahat dengan waktu yang panjang.

Teknik ini membantu untuk mengatasi rasa mals yang terlihat lebih terkontrol dan dapat memberikan jeda secara teratur, sehingga dapat mencegah kelelahan dan tetap menjaga konsentrasi.

4. Hara Hachibu

BACA JUGA:5 Manfaat dari Konsep Gaya Hidup Frugal Living, Bisa Mengurangi Stres Loh!

Konsep filosofi satu ini yang diterapkan okeh orang jepang ialah konsep untuk berhenti sebelum bener-bener kenyang.

Hal ini dilakukan ialah biasanya ketika terlalu banyak makan dapat menurunkan  energi sehingga mudah untuk mengantuk pada siang hari.

Oleh sebab itu konsep satu ini harus kita lakukan agar tetap fokus dan konsentrasi sehingga terhindar dari rasa malas.

5.Konsep Shoshin

BACA JUGA:7 Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis, Bikin Hidup Sederhana dan Bahagia

Konsep satu ini ialah teknik mengajarkan untuk menjalankan tugas layak nya pemula, dimana hal ini rasa ingin tahu dan semangat nya masih tinggi.

Oleh karean ifu setiap datang rasa malas, maka tetaplah bersikap selayaknya kamu sebagai seorang pemula, cara ini dil supaya bisa membantu untuk memacu gairah dan kembali bangkit.

Konsep ini juga merupakan sikap seorang pemula atau sikap terbuka, hal ini berkaitan dengan dapat melihat masa depan lebih terbuka lagi terhadap berbagai kemungkinan.

6. Mottainai

BACA JUGA: 6 Manfaat Menerapkan Konsep Gaya Hidup Minimalis, Salah Satunya Lebih Sehat Secara Finansial

Teknik terakhir ialah teknik Mottainai yang merupakan sebuah kata dalam bahasa Jepang yang memiliki bermakna "sangat disayangkan." Oleh sebab itu jika rasa malas datang ini merupakan pengingat untuk menghargai.

Jika rasa malas datang namun dengan mengingat Mottainai yang berarti sangat disayangkan, sehingga kita dapat introspeksi diri bahwa kita sudah melewati dengan baik.

Nah dengan demikian kita dapat mengatasi atau mencegah rasa malas itu dengan berupaya untuk selalu untuk fokus apa yang sedang dikerjakan, sehingga dapat terhindar dari kemalasan.

BACA JUGA:Konsep Prinsip Frugal Living, Bisa Jadikan Resolusi Gaya Hidup Hemat 2024, Cek Cara Penerapannya!

Nah itulah guys beberapa teknik ala orang Jepang untuk mengatasi rasa malas sehingga dapat fokus apa yang sedang dikerjakan, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: