Simak 7 Prinsip Filosofi Stoikisme, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Tenang

Simak 7 Prinsip Filosofi Stoikisme, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Tenang

Ilustrasi--dok : sumsek.co

Simak 7 Prinsip Filosofi Stoikisme, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Tenang

SUMEKS.CO - Stoikisme merupakan filosofi kehidupan yang diajarkan filsuf Yunani kuno Epictetus. Terdiri dari beberapa prinsip yang dapat membuat hidup jadi lebih tenang dan bahagia.

Filosofi stoikisme dapat memberikan nasihat kehidupan nyata yang dapat membantu untuk hidup lebih baik dan lebih terkendali, tentunya dengan menerapkan berbagai prinsip dari filosofi stoikisme yang akan dapat mengarahkan hidup lebih baik.

Prinsip stoikisme bertujuan untuk mencapai kebebasan internal, kesejahteraan, dan kebahagiaan sehingga hidup menjadi jauh lebih bahagia dan tenang.

BACA JUGA:Biar Hidup Lebih Menyenangkan, Ini 5 Cara Nyaman Menjadi Diri Sendiri

Flosofi stoikisme akan mengajarkan bahwa manusia tidak dapat mempengaruhi banyak hal dalam hidup, namun dapat mempengaruhi bagaimana cara meresponnya.

Yuk simak prinsip-prinsip filosofi stoikisme yang perlu diketahui, agar hidupmu tenang dan bahagia, diantaranya:

1. Jangan memusingkan hal tidak penting

Prinsip dari filosofi stoikisme ialah tidak akan memusingkan ha yang tidak penting, kaum stoa ( orang yang mempercayai stoikisme) percaya bahwa hidup harus menghemat energi untuk hal yang penting saja.

BACA JUGA:Cara Mendapat Ridha Allah SWT di Dunia dan Akhit, Kerjakan 8 Perbuatan Amal Sepeleh Ini Agar Hidup Tentram

Biasanya orang yang memiliki prinsip stoicisme ialah mereka tidak akan membuang energi untuk hal-hal yang sepele, oleh karena itu biasanya orang yang memiliki prinsip ialah fokus kepada hal besar lainnya.

Dan  belajar untuk tidak perlu memikirkan hal hal yang tidak penting, sehingga kamu dapat terbebas dari overthinking atau stres yang tidak perlu, dan lebih fokus pada hal yang penting saja.

2. Terimalah apa yang diluar kendali

Prinsip kedua dari filosofi stoikisme ialah menerima apa yang ada diluar kendali kita, hal ini ialah kita akan menyadari bahwa hidup tidak dapat diprediksi dan tidak berjalan dengan rencana.

BACA JUGA:Coba Terapkan 5 Cara Ini Agar Berhenti Jadi Orang yang Gak Enakan, Yuk Buat Hidup Lebih Tenang

Oleh karena itu kita tidak bisa mengendalikan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, dan biasanya ini merupakan kenyataan yang sulit diterima.

Namun prinsip stoikisme ialah memberikan kita kebenaran untuk menerima apa yang tidak dapat kita kendalikan. Kaum stoa percaya pada fokus yang dapat kita kendalikan dalam diri kita.

Sehingga orang yang memiliki prinsip menerima apa yang diluar kendali kita, biasanya ia akan menghargai apapun yang terjadi diluar kendali nya sehingga hidup akan lebih damai dan bahagia.

3. Hidup saat ini

BACA JUGA:Konsep Ikigai, Filosofi Hidup Orang Jepang Agar Lebih Bahagia dan Bermakna

Biasanya manusia sering menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengkhawatirkan masa lalu dan masa depan. Sehingga dapat menyebabkan kecemasan dan stres yang berkepanjangan.

Oleh karena itu peran prinsip stoikisme ialah sebagai pengingat sederhana yaitu dengan hiduplah pada saat ini. Hal ini merupakan salah satunya yang dapat kendalikan dalam diri.

Karena masa lalu dan masa depan tidak dapat kita rubah dan kita prediksi, ini justru akan membuat kita tidak akan jadi produktif dan dapat merampas kebahagiaan.

Oleh sebab itu, jika ingin hidup lebih baik yaitu memiliki prinsip stoikisme dengan hiduplah saat ini dan lebih sadar untuk selalu memfokuskan pikiran pada masa kini.

BACA JUGA:Pekerja Kantoran, Stop Gaya Hidup Sedentary Sekarang Juga! Jika Ngak Mau Menyesal di Hari Tua

4. Latihan refleksi harian

Salah satu prinsip stoikisme juga ialah melakukan refleksi diri, kaum stia sangat menyukai untuk melakukan prinsip refleksi diri.

Hal ini dapat meluangkan waktu setiap hari untuk meninjau keputusan, tindakan, dan kelemahan serta cara untuk mengatasinya.

Kamu dapat merefleksikan diri dengan merenungkan hari ini berjalan dengan baik atau tidak hal ini sama dengan introspeksi diri hingga kamu akan jauh lebih tenang.

BACA JUGA:7 Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis, Bikin Hidup Sederhana dan Bahagia

5. Tidak perlu validasi dari orang lain

Prinsip stoikisme yang satu ini ialah tidak perlu validasi dari orang luar atau orang lain. Kaum stoa mengajar kan kita bahwa mencari validasi dari orang lain merupakan hal yang sia sia saja.

Oleh karena itu kita perlu persetujuan dan validasi dari orang lain, kita dapat fokus pada persetujuan diri sendiri dan lebih jujur akan hidup kita jalani.

Ketika  mulai hidup dengan tidak memerlukan validasi dari orang lain, maka kamu akan menyadari terbebas dari ekspektasi orang lain.

BACA JUGA:5 Manfaat dari Konsep Gaya Hidup Frugal Living, Bisa Mengurangi Stres Loh!

Yuk mulai sekarang  untuk menerapkan prinsip satu ini agar hidup jauh lebih tenang dan damai.

6. Bersikap realistis

Prinsip stoikisme ialah harus  bersikap realisistis yaitu menerima situasi dan kondisi apa adanya, hal ini dapat berpengaruh respon kita pada saat harapan tidak sesuai dengan realita.

Bersikap realisistis dapat mengurangi stres dan dapat mempermudah untuk mencapai kebebasan  serta ketenangan hidup dengan tidak mengkhayal atau halu berlebihan.

BACA JUGA:Konsep Prinsip Frugal Living, Bisa Jadikan Resolusi Gaya Hidup Hemat 2024, Cek Cara Penerapannya!

7. Ciptakan kebahagiaanmu sendiri

Terakhir prinsip stoikisme ialah dengan menciptakan Kebahagiaan dan ketenangan hidup tanpa harus bergantung pada orang lain.

Prinsip ini akan memahami bahwa banyak hal yang dapat kita ciptakan kebahagiaan sendiri tanpa harus memikirkan untuk mendapatkan kebahagiaan dari orang lain.

Oleh karena itu penting untuk memahami bahwa kebahagiaan merupakan pilihan yang kita ciptakan sendiri dan bukan suatu hal yang ditentukan oleh orang lain.

BACA JUGA: Mengenal 7 Ciri-Ciri Orang yang Ingin Mengakhiri Hidup dengan Melakukan Bunuh Diri

Hal ini dapat diartikan bahwa menciptakan kebahagiaan dengan cara mengendalikan emosi dan reaksi kita sehingga dapat fokus pada hidup yang lebih positif dan bahagia.

Nah itulah guys beberapa prinsip filosofi stoikisme yang dapat kamu terapkan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: