Konsep Ikigai, Filosofi Hidup Orang Jepang Agar Lebih Bahagia dan Bermakna

Konsep Ikigai, Filosofi Hidup Orang Jepang Agar Lebih Bahagia dan Bermakna

Ikigai merupakan rahasia orang Jepang supaya bisa hidup bahagia setiap hari. --net

SUMEKS.CO -  Manusia pastinya pernah merasakan jenuh ketika berhadapan dengan rutinitas harian yang hanya begitu saja tiap harinya. 

Namun ada salah satu filosofi di Jepang yang dapat membuat setiap manusia mendapatkan makna atau arti kehidupan yang dikenal dengan sebutan ikigai

Ikigai merupakan rahasia orang Jepang supaya  bisa hidup bahagia setiap hari. Filosofi Jepang ini dari kata  iki yang memiliki arti kehidupan dan gai yang didefinisikan juga sebagai nilai atau makna.

Hal inilah membuat harapan hidup masyarakat Jepang berada pada angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. 

BACA JUGA: Mengenal 7 Ciri-Ciri Orang yang Ingin Mengakhiri Hidup dengan Melakukan Bunuh Diri

Nah konsep ikigai ini bisa digunakan dan sekarang sudah dikenal di Indonesia. Pada generasi milenial Indonesia, tak sedikit yang mencoba menerapkan filosofi ini. 

Hal ini dikarenakan untuk keselarasan antara pekerjaan dan kehidupan. Menerapkan filosofi ala Jepang dapat dijadikan petunjuk atau pedoman manusia agar seseorang memiliki karakter. 

Eitss setelah mengetahui istilah ikigai ada beberapa cara untuk bisa menemukan makna hidup dari filosofi ini. 

1. Passion ( apa yang kamu sukai) 

BACA JUGA:Resolusi Baru, Yuk Terapkan Pola Hidup Sehat Agar Saat Beraktivitas Badan Terasa Ringan

Yang pertama ialah harus cari tahu apa yang sebenarnya kita sukai dan bisa kita lakukan, misalnya suatu hal yang yang benar benar kamu senang dan sangat kamu sukai  saat kita melakukannya. 

2. Mission: (apa yang sedang dibutuhkan) 

Lalu tetapkan misi yang sedang dibutuhkan dilingkungan atau di lingkungan kerjamu. Namun hal ini dapat bertentangan dengan passion biasanya. 

Namun hal ini dapat kamu berkontribusi dengan melakukan hal hal kecil yang dapat membuat misi akan sempurna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: