Identik dengan Warna Merah, Baru Tahu Ternyata Ini Makna Pernak Pernik Dekorasi Saat Perayaan Imlek

Identik dengan Warna Merah, Baru Tahu Ternyata Ini Makna Pernak Pernik Dekorasi Saat Perayaan Imlek

Identik Dengan Warna Merah, Baru Tahu Ternyata Ini Makna Pernak Pernik Dekorasi Saat Perayaan Imlek--

SUMEKS.CO - Imlek pada tahun 2024 ini dalam perhitungan kalender China dilambangkan dengan Naga Kayu, yang mana pada tahun ini perayaan tahun baru Imlek jatuh pada tangga 10 Februari 2024.

Perlahan namun pasti, sejumlah pernak-pernik dekorasi dominasi berwarna merah khas perayaan Imlek mulai dijajakan diberbagai toko hingga supermarket.

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, dominasi merah pada pernak-pernik dekorasi atau penghias rumah saat Imlek melambangkan semangat baru, kebahagiaan hingga keberuntungan.

Selain warna merah, pernak-pernik Imlek merah juga dikombinasikan dengan warna kuning emas yang diyakini sebagai lambang kemakmuran di tahun mendatang.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Tahun Baru Imlek, Ada yang Dipercaya Dapat Membawa Keberuntungan

Ternyata selain ciri khas warna, pernak-pernik dekorasi yang beragam bentuk pun juga memiliki filosofinya juga loh?

Diantaranya, yakni filosofi tentang pengusir segala macam nasib buruk atau kesulitan hidup yang akan dijalani di tahun yang baru itu.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak lebih jauh mengenai makna dari masing-masing pernah pernik dekorasi penghias Imlek yang dirangkum dari berbagai sumber informasi, Jumat 26 Januari 2024.

1. Lilin merah 

Lilin merah sering dibeli warga keturunan Tionghoa untuk merayakan Imlek.  Lilin merah yang menyala memiliki makna sama seperti petasan karena diyakini bisa mengusir makhluk jahat.

BACA JUGA:Serba Serbi Jelang Imlek, Inilah Alasan Mengapa Ikan Bandeng Digemari Masyarakat Tionghoa

Ukuran lilin merah pun beragam mulai dari kecil hingga raksasa dan di vihara akan terus dinyalakan hingga Cap Go Meh atau 15 hari setelah Imlek.

2. Hiasan gantung 

Hiasan gantung juga salah satu pernak-pernik Imlek yang tidak boleh dilewatkan.  Hiasan gantung bertuliskan fu (kebahagiaan dan kebebasan). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: