Wajib Tahu! 6 Jamur Beracun yang Bisa Menyebabkan Kematian, Jangan Dikonsumsi

Wajib Tahu! 6 Jamur Beracun yang Bisa Menyebabkan Kematian, Jangan Dikonsumsi

Jamur termasuk tumbuhan yang dapat diolah menjadi masakan, namun beberapa diantaranya mengandung racun, sehingga harus diwaspadai.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Tubuh Sehat dengan Konsumsi Makanan Bergizi, Ini Segudang Manfaat Jamur Enoki

Biasanya jika tidak sengaja tertelan akan mengalami gejala flu ringan, kemudian efek racun orellanine akan terasa pada sekitar 1 sampai 3 minggu. Dari gejala flu ringan sehingga menjadi gejala keracunan yang fatal. 

Racun dalam jamur ini dapat menyebabkan gagal ginjal serta kematian jika tidak ditangani langsung. 

3. Jamur Destroying Angels

Jamur Destroying Angelsamur memiliki warna putih dan bentuk hampir mirip dengan jamur kancing dan jamur padang rumput. Oleh karena itu harus hati hati dalam memilih jamur. 

BACA JUGA:5 Mitos Seputar Ibu Hamil yang Tidak Perlu di Percaya, Nomor 3 Paling Menjamur di Masyarakat

Jamur ini juga memiliki spesies yaitu bernama Amanita Bisporigera, dan dipercaya sebagai jamur paling beracun.

Keracunan jamur ini akan diawali dengan diare, kejang, dan muntah. Jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan gagal hati, gagal ginjal hingga bisa menyebabkan kematian. 

4. Jamur Conocybe Filaris

Jamur Conocybe Filaris memiliki kanduganmikotoksin yang sama dengan jamur death cap yang memiliki risiko berbahaya jika dikonsumsi. 

BACA JUGA:Sering Dibuang, Ternyata Ini Khasiat Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan dan Kesuburan

Gejala keracunan dari jamur Conocybe Filaris biasanya akan mulai terasa sampai 5 hingga 23 jam setelah dikonsumsi.  Rracun dari jamur Conocybe Filaris sedang aktif dapat menyerang ginjal dan hati.

5. Jamur Death Cap

Jamur Death Cap memiliki nama latin Amanita Phalloides yang merupakan jenis jamur beracun dan yang paling mematikan di dunia. 

Nah Bentuk dari jamur death cap hampir sama dengan jamur jerami yang bisa dikonsumsi, oleh karena itu harus sangat berhati hati dalam memilih jamur untuk dikonsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: