Hindari Jamur! Yuk ikuti 5 Tips ini Buat Jaga Kebersihan Rumah Agar Tetap Nyaman Saat Musim Hujan

Hindari Jamur! Yuk ikuti 5 Tips ini Buat Jaga Kebersihan Rumah Agar Tetap Nyaman Saat Musim Hujan

Bersih-bersih rumah di musim hujan agar perabotan tidak berjamur.--dok :sumeks.co

Hindari Jamur! Yuk ikuti 5 Tips ini Buat Jaga Kebersihan Rumah Agar Tetap Nyaman Saat Musim Hujan

SUMEKS.CO - Memasuki musim Hujan, tidak hanya menjaga kesehatan tubuh saja, namun sangat penting untuk jaga Kebersihan Rumah agar terhindar dari Jamur sehingga tetap nyaman.

Saat musim Hujan, kuman, bakteri dan juga virus lebih rentan berkembang biak dengan cepat, termasuk dalam rumah loh, agar terhindar dari Jamur maka harus lebih ekstra dalam menjaga Kebersihan Rumah.

Saat musim Hujan, udara akan cendrung jadi mudah lembap, begitupun di dalam rumah, karena itulah rumah lebih rentan menjadi sumber pertumbuhan Jamur ini, karena nya dibutuhkan tips agar dapat menjaga Kebersihan Rumah dan terbebas dari risiko Jamur.

BACA JUGA:5 Desain Dapur Rumah Akan Trend di Tahun 2024, Nomor 3 Menghadirkan Kesan Fresh dan Sejuk

Jamur yang berkembang biak dalam rumah disebabkan oleh udara yang lembap bisa memicu berbagai macam penyakit lho. Karena itulah, setiap anggota keluarga harus peka terhadap kebersihan di dalam rumah.

Mencegah pertumbuhan jamur, tidak hanya dengan menyapu atau mengepel saja, tetapi harus ekstra memperhatikan barang-barang yang berpotensi akan menimbulkan jamur.

Karena itulah, yuk ikuti beberapa tips ini agar bisa maksimal dalam menjaga kebersihan rumah sehingga terhindar dari jamur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips yang bisa diikuti buat jaga kebersihan rumah agar tetap nyaman dan terhindar dari jamur di musim hujan, cek penjelasannya:

BACA JUGA:6 Ciri Pintu Rumah yang Sering di Ketuk Malaikat Pembawa Rezeki, Rumah Kamu Termasuk?

1. Usahakan untuk tidak membawa kotoran masuk ke dalam rumah

Nah tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengusahakan tidak ada kotoran yang masuk dalam rumah.

Salah satu cara agar meminimalisir kotoran tersebut masuk ke dalam rumah ialah dengan meletakkan sepatu di teras, jangan dibawa masuk kerumah, mencuci kaki maupun tangan sebelum masuk kedalam rumah, usahakan untuk tidak meletakkan pakaian kotor dari luar sembarangan.

Bila diperlukan, lebih baik sediakan air untuk cuci tangan atau kaki diluar dilengkapi dengan sedikit disinfektan di depan teras.

BACA JUGA:7 Cara Efektif untuk Mengubah Lahan Kosong Belakang Rumah Menjadi Lebih Produktif

Hal ini merupakan upaya agar tidak membawa kuman dan bakteri yanga dan diluar masuk ke dalam rumah.

2. Mencuci sprai maupun selimut dengan teratur

Tips untuk menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari jamur ialah dengan mencuci sprai dan selimut secara berkala.

Mencuci sprai dan selimut per minggu agar dapat mencegah adanya penumpukan kotoran serta adabya kotoran penyebab dari bakteri.

BACA JUGA:Tips dan Cara Membangun Rumah Minimalis Ukuran 6x10 Agar Terlihat Luas, Nomor 3 Paling Rekomendasi

Selain sprai dan selalimy, mencuci pakaian untuk tidur secara teratur juga bisa membantu dalam meminimalisir segala gejala alergi dan menghindari tungau maupun jamur.

3. Pastikan agar pakaian kering dan jangan menumpuk pakaian basah

Tips menjaga kebersihan rumah dan mencegah jamur berkembang ialah dengan memastikan pakaian kering dan meminimalisir penumpukan pakaian yang masih basah.

Musim hujan, memang menyebabkan pakaian lebih sulit untuk kering sehingga akan menumpuk dalam keadaan yang masih lembap.

BACA JUGA:7 Tips Bikin Rumah Minimalis Agar Terlihat Keren, Nomor 2 Penting Banget

Nah untuk menghindari pertumbuhan jamur, maka sebaiknya jangan menumpuk pakaian basah tersebut.

Coba untuk menggantungnya satu persatu di teras agar tidak menumpuk dan jadi sarang nyamuk.

Selain itu, jika sudah memakai jas hujan atau pakaian basah saat kehujanan, usahakan untuk tidak membawa jas hujan masuk kerumah.

Taruh jas hujan diluar atau bisa dijemur agar jas hujan bisa kering, sebab jas hujan yang dalam keadaan basah akan berisiko menjadi tempat pertumbuhan jamur.

BACA JUGA:8 Model Pintu Kamar Minimalis yang Bikin Rumahmu Makin Cantik, Pilihan Tepat untuk Rumah Modern

4. Buka jendela dan biarkan udara segar masuk

Saat musim hujan suhu lebih rentan lembap. Karena itu bukalah jendela di pagi hari agar udara segar bisa masuk ke dalam rumah.

Membuka jendela akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik dan segar.

Bila hujan turun maka tutup lah jendela agar air hujan tidak bisa masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:Teras Rumah Kecil Tetap Cantik dengan 7 Aksesoris Ini, Bisa Dicontoh

5. Memastikan atap rumah dalam kondisi baik

Tips ini mungkin jarang dilakukan, namun sangat penting lho. Memastikan atap rumah dalam kondisi baik merupakan salah satu tips agar mencegah pertumbuhan jamur.

Hal ini untuk meminimalisir adanya kerusakan. Sebab jika terdapat kerusakan pada lapisan atap seperti mengalami retak dan komponen rusak, maka segeralah untuk ganti dengan yang baru.

Sebab jika terdapat celah dari atap yang bocor saat hujan air akan masuk. Sehingga hal ini akan membuat pertumbuhan bakteri maupun jamur yang menyebabkan adanya kelembapan sehingga dapat mempengaruhi kebersihan di dalam rumah.

BACA JUGA:7 Tips Menata Rumah Minimalis Modern, Ciptakan Ruangan Estetik dan Nyaman Ditempati

Nah, inilah 5 tips yang bisa dilakukan untuk jaga kebersihan rumah, mencegah pertumbuhan jamur agar rumah tetap nyaman saat musim hujan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: