Selain Bisa Dibuat Hidangan Lezat, Ternyata Jamur Tiram Miliki 5 Manfaat Luar Biasa Ini

Selain Bisa Dibuat Hidangan Lezat, Ternyata Jamur Tiram Miliki 5 Manfaat Luar Biasa Ini

Jamur tiram yang biasa diolah menjadi cemilan atau sayur.--dok : sumeks.co

SUMEKS.COJamur tiram yang bisa dikonsumsi, ternyata memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Diketahui jamur ini memiliki ciri khas bentuk seperti paying dan batang yang relatif besar.

Jamur tiram ini tumbuh di berbagai varietas yang paling sering ditemukan diberbagai pasar-pasar makanan.

Awalnya jamur tiram ini dikembang biakkan di Jerman pada masa perang dunia 1 yang digunakan sebagai sumber pangan ketika pasokan makanan terbatas.

Hal ini lantaran jamur tiram mengandung beberapa nutrisi untuk kesehatan tubuh dan juga bisa dapat ditemukan dan ditanam secara komersial diseluruh dunia.

BACA JUGA:Tubuh Sehat dengan Konsumsi Makanan Bergizi, Ini Segudang Manfaat Jamur Enoki

Jamur tiram mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Selain itu jamur tiram juga rendah karbohidrat, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Nah, dari berbagai nutrisi yang terdapat dalam jamur tiram ini tentunya akan memberikan manfaat kesehatan yang dapat didapatkan ketika mengonsumsinya.

1. Meningkatkan kesehatan otak

BACA JUGA:11 Resep Olahan Jamur Tiram yang Enak, Pengusaha Kuliner di Palembang Bisa Coba

Jamur tiram yang kaya akan nutrisi ini tentunya akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan otak karena adanya kandungan niacin.

Niacin dipercaya bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit Alzheimer dan penurunan fungsi kognitif pada penelitian klinis.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa suplementasi dari riboflavin mungkin efektif dalam mengobati gangguan saraf pada otak.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

BACA JUGA:Memiliki Kandungan Gizi yang Tinggi, Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Pari

Selanjutnya jamur tiram bisa memperkuat sistem imun dan kekebalan pada tubuh yang mana ini berasal dari kandungan sejenis serat beta glucan yang bernama pleuran. Jenis ini bisa terbukti memiliki modulasi kekebalan sistem pada tubuh.

Menurut berbagai penelitian, zat ini bisa memperbaiki gejala dari infeksi virus yang bisa saja terjadi dalam tubuh seperti infeksi virus herpes simpleks 1 dan infeksi saluran pernapasan.

Tak hanya itu saja namun jamur tiram juga memiliki efek antivirus dan antibakteri.

3. Menjaga kesehatan jantung

BACA JUGA:JOS! Air Kelapa Hijau Plus Telur Ayam Kampung, Khasiatnya Jangan Ditanya

Jamur tiram diketahui dapat mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi yang bisa menjadi faktor yang baik untuk mencegah penyakit jantung agar tetap terjaga kesehatannya.

Lagi-lagi karena kandungan beta glukan yang terdapat pada jamur tiram yang termasuk serat yang membentuk dinding sel ragi dan jamur.

Saat dalam proses fermentasi oleh bakteri dalam usus nantinya zat ini bisa menghasilkan asam lemak rantai pendek yang seketika mampu mengurangi produksi kolesterol dalam tubuh.

Sebuah penelitian menemukan jika mengkonsumsi jamur tiram selama 7 hari diyakin dapat mengurangi resiko gula darah, kolesterol, trigliserida dan tekanan darah.

BACA JUGA:7 Manfaat Minum Teh Tawar bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Kendalikan Gula Darah

4. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi jamur tiram dapat menurunkan berat badan karena mengandung serat yang mana termasuk makanan bebas lemak sangat baik dikonsumsi.

Diet tinggi serat dan bebas lemak dapat membantu menurunkan berat badan lebih mudah.

Namun bukan berarti dengan hanya mengkonsumsi jamur tiram saja bisa menurunkan berat badan tetapi diikuti dengan makanan bernutrisi lain dan juga penerapan pola hidup yang sehat.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa dari Merendam Kaki dengan Air Garam, Solusi Alami untuk Kesehatan

5. Kaya antioksidan

Jamur tiram mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding dengan jamur-jamur lainnya.

Nah adanya antioksidan dalam jamur ini jika dikonsumsi mampu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu dalam menangkal radikal bebas  yang bisa menjadi pemicu penyakit kronis.

Selain itu antioksidan juga bisa berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

BACA JUGA:Cegah Berbagai Penyakit, Ini 5 Khasiat Tak Terduga dari Buah Langsat

Nah itu dia 5 manfaat dari mengkonsumsi jamur tiram namun perlu diketahui bukan berarti mengkonsumsi jamur setiap saat bisa berefek baik untuk kesehatan melainkan malah bisa membahayakan tubuh.

Konsumsilah apapun dalam batas yang wajar untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: