Selain Mesin, Kaca Mobil Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Selain Mesin, Kaca Mobil Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Membersihkan kaca mobil yang berjamur.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kaca mobil berjamur tentu sangat menyebalkan bagi seluruh pengguna kendaraan roda empat. Karena dapat mengganggu pandangan.

Jamur pada kaca biasanya terjadi karena udara lembap di permukaan kaca. Dalam keadaan lembap jamur akan muncul dan berkoloni disekitar area kaca.

Hal ini jika diabaikan tentu sangat menggagu tampilan kaca hingga membuat kualitas kaca menjadi blur dan tidak nyaman di pandang.

Udara lembap pada kaca terjadi biasanya karena lingkungan mobil yang lembap atau parkiran yang kurang mendapatkan sinar matahari.

BACA JUGA:Suzuki Celerio 2023 Hatchback Mobil Anti Maling, Sudah Dibekali Fitur Immobilizer

Selain itu dapat juga terjadi karena mobil kehujanan namun tidak langsung dibersihkan atau dilab terlebih dahulu.

Membersihkan jamur pada kaca tebilang cukup mudah dilakukan bahkan dapat dikerjakan sendiri di rumah tanpa harus pergi ketempat penyedia jasa pembersih jamur kaca.

Nah, berikut cara mudah membersihkan jamur pada kaca dengan menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah.

1. Pasta Gigi

BACA JUGA:Suzuki Celerio Mogok, Mesin Mobil Hidup Tapi Tidak Mau Jalan, Jangan Panik, Kenali Penyebab dan Solusinya

Siapa yang menduga ternyata pasta gigi dapat membersihkan jamur pada kaca. Hal ini karena pasti gigi mengandung hidrogen peroksida.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni gosok pasta gigi di area kaca yang berjamur, gosok secara teratur hingga pasta gigi benar-benar memenuhi kaca.

Kemudian, diamkan sekurangnya lima menit, selanjutnya jika telah mengering dapat dibilas dengan air dan lap menggunakan kain kering agar jamur hilang secara sempurna.

2. Baking Soda

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah, Berikut Fungsi Kunci Roda Mobil dan Jenisnya

Baking soda rupanya dapat digunakan sebagai penghilang jamur kaca. Selain itu, baking soda juga dapat berfungsi mengurangi kelembaban pada kaca yang dapat meminimalisir mengurangi perkembangan jamur.

Kegunaannya cukup mudah, tuangkan baking soda kedalam air, kemudian semprot ke kaca, gosok secara merata menggunakan kain hingga jamur terangkat.

3.Soda

Kandungan kimia pada soda dapat mengangkat  jamur pada kaca. Hal ini karena soda mengandung  senyawa antijamur sehingga dapat mengikis jamur pada kaca mobil.

BACA JUGA:Berikut 10 Cara Mengecek Mobil Bekas Kena Banjir, Awas Jangan Tergiur Harga Murah!

Sebagai tambahan soda yang digunakan harus murni tidak menggangu gula agar hasil yang diberikan dapat maksimal.

Cara menggunakan soda cukup mudah, hanya perlu mengelap pada bagian kaca yang berjamur tuangkan soda hingga mengering kemudian lap dengan kain agar senyawa antijamur pada soda dapat menyerap dengan baik.

4. Pemutih pakaian

Pemutih pakaian rupanya terdapat kandungan kimia pengantar noda jamur dan dapat juga berfungsi sebagai pengikis jamur pada kaca.

BACA JUGA:Jangan Ambil Resiko, Berikut 7 Ciri Ban Mobil Harus Diganti Baru

Maka itu, pastikan menggunakan cara ini untuk membersihkan kaca mobil yang jamuran.

Cara menghilangkan jamur menggunakan pemutih pakian  sangat mudah, larutkan cairan dengan air, selanjutnya semprot pada bagian kaca mobil yang berjamur, lalu gosok secara perlahan bilas dengan air dan keringkan dengan kain.
 
5. Cuka apel

Sama seperti halnya pemutih pakaian, cuka apel juga dapat digunakan untuk memudarkan jamur di kaca dengan mengelapnya  kekain, lalu gosok ke kaca. Gosok hingga semua jamur hilang secara sempurna.

BACA JUGA:WAJIB TAU! 7 Tips Merawat Mobil Bekas, Biar Tokcer di Jalan & Awet Seumur Hidup
             
6. Alkohol

Selain untuk membersihkan luka, alkohol juga dapat difungsikan untuk mengangkat jamu pada kaca.

Caranya tuangkan kapas ke alkohol, kemudian gosok kaca yang berjamur dengan pelan hingga kaca terangkat ulang secara teratur hingga jamur benar-benar hilang.

Itulah, tips simpel cara membersihkan jamur kaca pada mobil menggunakan peralatan yang mudah dijumpai di rumah. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: