Jangan Salah Kaprah, Berikut Fungsi Kunci Roda Mobil dan Jenisnya

Jangan Salah Kaprah, Berikut Fungsi Kunci Roda Mobil dan Jenisnya

Kunci roda, merupakan peralatan yang wajib ada untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.--dok : sumeks.co

Jangan Salah Kaprah, Berikut Fungsi Kunci Roda Mobil dan Jenisnya

SUMEKS.CO - Kunci roda berfungsi sebagai alat untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. 

Tanpa kunci roda, dipastikan tidak dapat membuka atau mengunci baut ban pada bagian pengait roda dan mengganti ban mobil ketika dibutuhkan.  Untuk itu ada baiknya pahami fungsi dan jenis kunci roda. 

Kunci ban atau sering juga disebut kunci roda mobil merupakan perkakas mobil yang wajib ada disetiap kendaraan. 

Kunci ban mobil memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda tergantung pada merek dan tipe mobil, berfungsi sebagai pembuka dan mengunci baut atau mur roda mobil.

BACA JUGA:Jangan Ambil Resiko, Berikut 7 Ciri Ban Mobil Harus Diganti Baru

Sebelum membeli kunci ban pastikan ukuran sesuai dengan tipe mobil. Cara kerjanya dengan menyisipkan bagain kunci pada baut pengait dan memutarnya sampai kunci dan buat berada dalam posisi yang benar. 

Kunci ban mobil berguna sebagai keamanan dan kenyamanan berekendara. Tanpa kunci ban maka tidak dapat membuka baut atau mengganti ban apabila ban mengalami kebocoran.

Kunci ban mobil juga berguna demi memastikan ban tidak akan terlepas dari velg saat sedang melaju, serta menjamin keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kunci ban mobil bergungsi sebagai alat yang penting bagi pengendara. Adapun fungsi kunci ban mobil yang perlu kalian ketahui diantaranya :

BACA JUGA:Berikut 10 Cara Mengecek Mobil Bekas Kena Banjir, Awas Jangan Tergiur Harga Murah!

1. Membuka dan mengkunci baut 

Fungsi utama kunci ban mobil iyalah untuk membuka dan mengkunci baut. Kunci ban berguna untuk memudahkan dalam membuka baut dengan lebih mudah dan berfungsi juga mengkunci baut dengan kuat. Namun perlu diketahui penguncian baut harus benar demi memastikan keselamatan berkendara.

2. Memastikan keamanan berkendara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: