Kaya Kandungan Vitamin! Yuk, Ketahui Manfaat Jamur yang Digunakan untuk Ingredient Skincare

Kaya Kandungan Vitamin! Yuk, Ketahui Manfaat Jamur yang Digunakan untuk Ingredient Skincare

Beberapa jenis jamur tertentu diperkaya khasiat dan digunakan untuk ingredient skincare--dok : sumsek.co

Kaya Kandungan Vitamin! Yuk Ketahui Manfaat Jamur yang Digunakan untuk Ingredient Skincare

SUMEKS.CO – Jamur dipercaya memiliki berbagai macam manfaat dan kandungannya digunakan untuk ingredient skincare yang ampuh atasi jerawat hingga penuaan dini.

Namun ada jenis jamur tertentu yang diperkaya khasiat dan digunakan untuk ingredient skincare, karena jika salah memilih kandungan akan membuat kulit wajah menjadi rusak.

Skincare yang dibuat dari bahan alami sangat tren belakangan ini, karena selain bisa membuat kulit menjadi sehat tapi juga aman untuk wajah sehingga terhindar dari iritasi.

BACA JUGA:Punya Kulit Sensitif? Ini Rangkaian Produk Skincare yang Mampu Cegah Iritasi

Semakin berkembangnya inovasi untuk perawatan kulit sehingga menggunakan bahan alami yang diperkaya akan manfaat tersendiri dan bisa meningkatkan performa pada produk skincare.

Jamur sudah dimanfaatkan sejak lama oleh sebagian orang di asia timur, namun belakangan ini tanaman tersebut digunakan untuk perawatan kulit di dunia kecantikan.

Jika biasanya jamur justru menjadi permasalahan untuk kulit, namun sekarang sudah di buat sebagai bahan produk skincare dan dilengkapi dengan berbagai khasiat.

Ada lebih dari 14.000 jenis jamur di dunia ini, tapi memang tidak semua akan aman untuk di konsumsi atau hanya jadi penggunaan topikal saja.

BACA JUGA:Sering Gunakan Pembersih Wajah? Simak 5 Kandungan Berbahaya yang Terdapat Pada Skincare

Jika mengkonsumsi jamur sembarangan, akan menimbulkan berbagai macam masalah bahkan mematikan. Namun ada juga yang bisa menyembuhkan serta menyehatkan seluruh tubuh.

Untuk dijadikan ingredient skincare, jamur sudah dilakukan penelitian selama bertahun – tahun dan mendapatkan jenis jamur yang sangat cocok serta menguntungkan bagi kulit.

Jenis jamur yang memiliki manfaat sebagai ingredient skincare yaitu chaga mushroom, reishi mushroom, cordyceps musroom, shitake mushroom serta tremella mushroom.

Beberapa jenis jamur tersebut diperkaya akan antioksidan dan vitamin D sehingga memberikan khasiat untuk kulit serta dapat mengatasi masalah jerawat sampai penuaan dini.

BACA JUGA:13 Produk Skincare Berbahaya Masih Beredar di Pasaran, BPOM Imbau Konsumen Cerdas Supaya Tak Jadi Korban

Berikut beberapa manfaat jamur yang digunakan sebagai ingredient skincare :

1. Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Ada jenis jamur seperti shiitake mushroom yang diperkaya akan kojic acid untuk membantu wajah menjadi cerah sehingga membuat percaya diri saat melakukan aktivitas sehari – hari.

Asam kojic tersebut dipercaya dapat menghambat dan mencegah terbentuknya tirosin asam amino yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi melanin di dalam tubuh.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Air Beras Punya Segudang Manfaat, Skincare Alami Perawatan Kulit Anda, Begini Cara Bikinnya

Melanin sendiri merupakan pigmen yang dapat mempengaruhi warna rambut, kulit hingga mata. Karena bisa menghambat produksi melanin kojic acid tersesbut dapat memberikan efek cerah.

2. Bisa Mengatasi Jerawat

Berbagai macam jenis jamur seperti shitake mushroom dan reishi msuhroom memiliki sifat anti bakteri yang sangat tinggi sehingga akan mudah mengatasi masalah kulit pada wajah.

Tidak hanya itu, jamur tersebut juga mengandung polisakarida yang merupakan sejenis molekul gula kompleks serta memiliki zat anti inflamasi sangat tinggi.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Ini Tips dan Urutan Memakai Skincare

Jamur tersebut juga bisa mengurangi kemerahan serta peradangan akibat iritasi hingga masalah jerawat pada kulit wajah.

3. Dapat Memperlambat Penuaan

Namun ada juga jenis jamur seperti cordyceps mushroom yang bisa berguna untuk membantu mengatasi masalah penuaan dini pada kulit.

Pada awalnya jenis jamur cordyceps dikonsumsi sebagai penambah stamina tubuh namun mushroom tersebut sudah membuktikan efek antioksidan yang kuat saat dioleskan.

BACA JUGA:Kulit Kusam Bikin Gak Pede! Tenang Ini 4 Rekomendasi Body Scrub, Ampuh Mencerahkan

Antioksidan yang ada pada jamur ini bisa membantu serta mempertahankan sistem imun di dalam tubuh yaitu dengan cara melawan berbagai stress oksidatif.

Dalam dunia kecantikan seperti sekarang, sudah banyak menggunakan jamur sebagai bahan dasar untuk ingredient skincare hingga bisa menghidrasi kulit, meningkatkan kolagen serta menenangkan.

4. Mempertahankan Skin Barrier

Manfaat terakhir yaitu jamur dengan jenis white mushroom, sudah terbukti sangat efektif untuk melindungi dan mempertahankan skin barrier sehingga wajah selalu tampak sehat.

BACA JUGA: Perempuan Wajib Kenali! Ciri – Ciri Kulit Mengalami Stress, Bikin Wajah Jadi Kusam

Salah satu contohnya yaitu jamur kancing putih, jamur ini mengandung protein, vitamin B dan sifat anti virus sehingga akan ampuh memperbaiki lapisan penlindung pada kulit.

Tidak hanya itu, ada juga chaga mushroom yang dilengkapi dengan sifat anti oksidan tinggi, bahkan lebih dari buah delima ataupun blueberry.

Beberapa jenis jamur tersebut sangat efektif untuk membantu mencegah oksidasi kulit dan menetralisir radikal bebas yang bisa merusak skin barrier.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: