Sebelum Ganti Skincare Wajib Menetralkan Wajah Dahulu, Ikuti 4 Cara Ini untuk Cegah Iritasi

Sebelum Ganti Skincare Wajib Menetralkan Wajah Dahulu, Ikuti 4 Cara Ini untuk Cegah Iritasi

Menetralkan wajah bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan pada kulit wajah sehingga siap menerima perawatan dan jenis skincare yang baru.--dok : sumsek.co

Sebelum Ganti Skincare Wajib Menetralkan Wajah Dahulu, Ikuti 4 Cara Ini untuk Cegah Iritasi

SUMEKS.CO - Agar wajah tidak terjadi iritasi maka wajib menetralkan wajah sebelum mengganti skincare.

Menetralkan wajah bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan pada kulit wajah sehingga siap menerima perawatan dan jenis skincare yang baru.

Biasanya kulit akan menunjukkan tanda ketidakcocokan dengan suatu produk perawatan wajah, sehingga memicu munculnya jerawat, rasa gatal, iritasi singga membuat wajah jadi kemerahan.

BACA JUGA:Yuk Kenali 5 Tanda Produk Skincare yang Tidak Cocok untuk Digunakan Pada Wajah

Karena sebelum mengganti produk skincare lama dengan produk skincare yang baru, sebaiknya mengetahui bagaimana cara agar menetralkan wajah terlebih dahulu untuk menghindari risiko iritasi.

Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menetralkan wajah sebelum mengganti skincare untuk menghindari iritasi?

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menetralkan wajah sebelum mengganti skincare, simak penjelasan berikut ini:

1. Mengurangi intensitas pemakaian produk skincare

BACA JUGA:Rekomendasi Produk Skincare yang Aman untuk Remaja, Bikin Kulit Sehat dan Glowing

Salah satu cara untuk menetralkan wajah sebelum ganti skincare ialah dengan mengurangi penggunaannya.

Bila sebelumnya rutin menggunakan skincare setiap harinya. Nah cobalah untuk mengurangi intensitas pemakaiannya menjadi 2 sampai 3 hari sekali.

Dengan menerapkan cara ini mampu membantu dalam menetralkan kulit wajah perlahan sebelum mengganti produk skincare.

Bila sudah terbiasa dengan pola ini dalam durasi beberapa minggu, cobalah untuk hentikan penggunaan produk skincare selama tiga hari penuh dan lihat reaksi yang ditimbulkan oleh wajah.

BACA JUGA:Skincare Alami : Tanaman Ini Memiliki 1001 Manfaat untuk Perawatan Kencantikan

2. Tetap rutin menggunakan sunscreen

Walaupun sedang dalam proses menetralkan wajah dari produk skincare, namun tetap perlu melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan cara memakai tabir surya atau produk sunscreen.

Sunscreen ini bermanfaat untuk membantu mengurangi dampak paparan sinar UV contohnya penuaan kulit, keriput, serta meminimalisir adanya kerusakan kulit.

Pilihlah produk sunscreen dengan SPF 30 maupun SPF 50 yang memiliki kemampuan untuk menghalangi 97 sampai 98 persen paparan sinar UVB.

BACA JUGA:Pria Juga Boleh Pakai Skincare Lho! Catat Ini 3 Produk Skincare yang Bisa Digunakan

Sunscreen bisa luntur oleh keringat dari aktivitas sehari-hari maka disarankan untuk mengoleskan kembali produk sunscreen ini tiap 2 sampai 3 jam sekali.

3. Membersihkan wajah secara rutin

Saat melakukan proses penetralan pada wajah sebelum mengganti skincare harus diingat untuk tetap membersihkan wajah dengan rutin karena membersihkan wajah merupakan basic dalam rangkaian perawatan kulit wajah.

Hal ini juga bermanfaat untuk bisa mengatasi kulit yang kusam akibat sisa kotoran  menumpuk di wajah sehingga pori-pori tidak tersumbat.

BACA JUGA:15 Kandungan Skincare yang Jika Dicampur Malah Menimbulkan Masalah Kulit, Ladies Wajib Tahu

Cuci wajah setidaknya sekali sehari menggunakan facial wash yang cocok dan sesuai dengan tipe kulit.

Hindarilah sabun berpewangi sebab bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan pelindung alami di kulit.

Sehingga dengan rutin membersihkan wajah, akan membuat kulit lebih siap ketika menerima kandungan dari produk skincare baru dan meminimalisir adanya risiko iritasi.

4. Menggunakan moisturizer atau pelembap

BACA JUGA:Tak Perlu Skincare Mahal, Kemiri Ternyata Bisa Pudarkan Flek Hitam, Begini Caranya

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk menetralkan kulit wajah sebelum mengganti skincare ialah dengan tidak melewatkan pemakaian pelembap wajah.

Menggunakan moisturizer merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menetralkan wajah sebelum ganti produk skincare.

Menggunakan pelembap atau moisturizer akan bermanfaat untuk menjaga melembapkan kulit.

Tak hanya itu, pelembap juga berperan untuk menghaluskan kulit, menjaga struktur kulit, menjaga keseimbangan pH, serta melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga membantu sel kulit bekerja dengan lebih optimal.

BACA JUGA:Mulai Sekarang Jangan Takut Make Up, Ini 4 Tips Memilih Kosmetik Untuk Pemilik Kulit Wajah Kering

Menggunakan pelembap atau moisturizer setelah membersihkan wajah bermanfaat untuk membuat penyerapannya lebih baik ke dalam lapisan kulit serta mengunci kelembapannya.

Disarankan untuk memilih pelembap atau moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing agar tidak menimbulkan masalah pada kulit.

Nah itulah empat cara yang bisa dilakukan untuk menetralkan wajah sebelum mengganti produk skincare sehingga menghindari risiko adanya iritasi, Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: