Polda Sumsel Tangkap Sopir Tangki Pertamina ‘Kencing’ di Jalan Lintas Desa Pemulutan Ogan Ilir

Polda Sumsel Tangkap Sopir Tangki Pertamina ‘Kencing’ di Jalan Lintas Desa Pemulutan Ogan Ilir

Ditreskrimsus Polda Sumsel berhasil mengamankan sebuah truk tangki milik Pertamina yang kedapatan “ngencing” di jalan lintas. Foto: edho/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ditreskrimsus Polda Sumsel berhasil mengamankan sebuah truk tangki milik Pertamina yang kedapatan “kencing” di jalan lintas.

Truk tersebut diamankan petugas Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel saat berada di pinggir Jalan Lintas, Desa Ibul Besar, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat 12 Januari 2024 malam.

Petugas juga menangkap tangan sopir truk tangki berinisial BS (43) saat menurunkan BBM jenis solar milik PT Pertamina merk Hino nopol BG 8918 DD warna merah-putih dengan kapasitas 24 ton.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto mengatakan, dari pengakuan pelaku sopir yang diamankan, BBM yang diturunkan tersebut merupakan sisa BBM.

BACA JUGA:Gudang Penampungan BBM Ilegal di Kertapati Terbakar, Padahal Sudah 2 Kali Dibongkar Petugas Gabungan

“Barang bukti yang diamankan sebanyak 100 liter dan saat tertangkap tangan, sudah sebanyak 60 liter yang diturunkan oleh sopirnya,” ujar Sunarto, didampingi Kasubdit Tipidet AKBP Bagus Suryo Wibowo SIK dan Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty, Selasa 16 Januari 2024 sore.


Tersangka BS saat diinterigasi Kasubdit Tipidter saat rilis ungkap kasus di Mapolda Sumsel Selasa sore. Foto: edho/sumeks.co--

Kombes Pol Sunarto, BBM yang diturunkan oleh tersangka ini akan dijual kembali seharga Rp5.000 per liter kepada seseorang di Desa Ibul Besar berinisial S yang kini masih DPO.

“Modusnya, pelaku ini perpura-pura membersihkan mobil Pertamina yang masih bermuatan BBM subsidi kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan,” terangnya.

Tersangka juga mengaku, aksinya tersebut sudah sebanyak dua kali selama bulan Januari 2024 ini.

BACA JUGA:Gudang Penyimpanan BBM Ilegal di Pemutulan Ogan Ilir Terbakar, Warga Panik Dengar Suara Ledakan

“Aksi ‘ngencing’ ini sudah yang kedua kali dilakukan oleh tersangka dan mendapatkan keuntungan sebesar Rp400 ribu,” tambah Sunarto.

 Di lokasi mobil tangki tersebut petugas juga menemukan 11 drum  berisi BBM jenis solar berjumlah 2.200 liter, berikut selang dan ember ukuran besar serta 1 (satu) unit mesin hisap/sedot elektrik.

Satu mobil truk merk colt diesel warna kuning nopol BG 8242 RR yg bermuatan 4 (empat) buah baby tank ukuran 1 ton, namun 1 (satu) buah baby tank telah terisi separuh BBM berjumlah 600 liter.            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: