Fajar Sulaeman Taman dilantik jadi Majelis Pengawas Wilayah Notaris Bangka Belitung

Fajar Sulaeman Taman dilantik jadi  Majelis Pengawas Wilayah Notaris Bangka Belitung

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham Cahyo R. Muzhar lantik Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Fajar Sulaeman Taman menjadi Majelis Penga--

BACA JUGA:Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Bikin Awet Muda, Simak Penjelasannya Disini

Capaian ini merupakan prestasi luar biasa bagi Indonesia, khususnya bagi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai instansi yang mendukung penuh dan terlibat dalam keanggotaan Indonesia di FATF.

Dirinya menjelaskan, capaian ini merupakan hasil dari kerja keras Ditjen AHU yang ditugaskan mengawal pengawasan terhadap tiga profesi yaitu akuntan, pengacara, dan notaris.

Profesionalisme dari ketiga profesi tersebut dinilai menjadi salah satu penentu bagi Indonesia untuk bergabung menjadi negara anggota FATF.

“Sepanjang tahun 2023 Ditjen AHU telah berpartisipasi secara aktif dalam agenda-agenda berskala internasional yang sangat mempengaruhi posisi strategis Indonesia secara geopolitik,” ujar Cahyo.

BACA JUGA:Giliran Adik Maya Regev Dibebaskan Pejuang Hamas, Netizen Maksa yang Melepas Sama: ‘Cie Sudah Dapat Restu!’

Cahyo menyebutkan, di tahun ini Ditjen AHU juga telah sukses dalam menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum internasional The 61st Asia-Africa Legal Consultative Organization (AALCO) Annual Session.

Salah satu hasilnya adalah Indonesia berhasil mendorong isu illegal fishing agar masuk menjadi rekomendasi yang diharapkan akan dikategorikan sebagai transnational organized crime. 

“Keberhasilan ini dapat mendukung posisi Indonesia di tingkat internasional dalam bentuk pengakuan negara lain atas kepemimpinan Indonesia di politik luar negeri,” tambahnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto berharap, pejabat yang dilantik dapat menjalankan amanahnya sebagai pengawas dan Pembina  notaris secara profesional dan berintegritas.

Hadir pada kegiatan ini dari Kemenkumham Babel,pada kegiatan tsb adalah  Kepala Bidang Pelayanan Hukum Adi Riyanto dan Kepala Subbidang Luhkum, Bankum, JDIH M. Ariyanto.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: