Satu Keluarga dengan Kuda, Zebra Tidak Pernah Jadi Tunggangan, Alasannya Bikin Terenyuh

Satu Keluarga dengan Kuda, Zebra Tidak Pernah Jadi Tunggangan, Alasannya Bikin Terenyuh

Zebra-Foto: Lynn Greyling/Pixabay-

SUMEKS.CO - Dari bentuk fisik, zebra sangat mirip dengan kuda. Mereka berasal dari satu keluarga dekat. Bahkan, kedua binatang berkaki 4 ini dapat dikawinkan silang menjadi hewan bernama Zorse. 

Namun, meski keduanya begitu mirip, zebra tidak dapat ditunggangi begitu saja, seperti kuda. Bahkan, zebra tidak pernah menjadi tunggangan bagi manusia. 

Dalam penelitian Richard Diamond, penjinakan zebra untuk jadi hewan ternak dan lainnya seringkali gagal sejak dulu. Sehingga tidak bisa dipelihara dan ditunggangi.

Zebra tidak bisa membawa beban, karena tubuhnya yang ramping. Tidak seperti kuda, zebra tidak memiliki struktur sosial.

BACA JUGA:Ular Masuk Rumah Jangan Langsung Dibunuh, Bisa Saja Jelmaan Jin, Begini Cara Memastikannya

Sedangkan kuda dalam kawanan dipimpin seekor pejantan yang dominan. Dengan menangkap dan menjinakkan pejantan dominan, seluruh kawanan sudah ditaklukkan. 

Namun tidak demikian dengan zebra, yang tidak memiliki hierarki. Inilah faktor penyebab hewan ini sulit dijinakan dan diternakkan. 

Meskipun berkumpul secara berkelompok seperti kuda, zebra melakukannya hanya sebagai strategi untuk bertahan hidup. Membuat zebra sulit dikendalikan. 

Karena sudah lama diburu manusia, zebra beradaptasi menganggap manusia sebagai ancaman. Membuat zebra makin sulit untuk dijinakan. 

BACA JUGA:Istimewanya 6 Binatang Ini Dalam Islam, Selalu Bertasbih, Mata-mata Hingga Doakan Baitul Maqdis

Bahkan, kecenderungan zebra untuk menjaga jarak dengan manusia diduga merupakan adaptasi dari perburuan zebra sejak 24.000 tahun lalu. 

Penelitian etnoarkeologi mendapati, dalam cerita rakyat setempat yang berkembang pada abad ke-19 dan 20, zebra diburu oleh suku pemburu-pengumpul makanan di wilayah timur dan selatan Afrika menggunakan panah beracun.

Aksi perburuan inilah menjadi salah satu faktor zebra tidak bersahabat dengan manusia, layaknya kuda. 

Sementara kuda sudah menjadi tunggangan manusia sejak sekitar 6.000 tahun lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: