Tim Gabungan Polda Sumsel Tutup Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal yang Terbakar di Babat Toman Muba

Tim Gabungan Polda Sumsel Tutup Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal yang Terbakar di Babat Toman Muba

Tim gabungan merobohkan pondok yang berada di lokasi terbakarnya penyulingan minyak ilegal di Babat Toman Muba. Foto: dokumen/sumeks.co--

MUBA, SUMEKS.CO - Tim gabungan Polda Sumsel menutup lokasi penyulingan minyak ilegal yang terbakar di Desa Gombong, Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Muba pada Jumat 28 Juli 2023 lalu.

Itu setelah adanya intruksi langsung Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK.

Tim gabungan terdiri dari Subdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel, Satreskrim Polres Muba, dan Polsek Babat Toman dan instansi terkait langsung melakukan penutupan terhadap refenery illegal tersebut.

Kanit 2 Unit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKP Dwi Rio Andrian, SIK menyebut penutupan lokasi kejadian dilaksanakan pada Sabtu 29 Juli 2023 sore sekitar pukul 16.00 WIB.

BACA JUGA:Malam-Malam, 3 Gudang Penampungan Minyak Ilegal di Kertapati Palembang Dipasang Garis Polisi

Sayangnya, tidak ditemukan adanya aktivitas kegiatan ataupun pekerja di lokasi refinery illegal yang sebelumnya terbakar tersebut.

“Kita sama sekali tidak menemukan aktivitas refenery illegal di sana, hanya temuan barang bukti terkait aktivitas ilegal tersebut,” kata AKP Dwi Rio, Minggu 30 Juli 2023.

Tim langsung melakukan pembongkaran terhadap lokasi illegal refinery, pembongkaran pondok dan tempat tinggal pekerja. 

Petugas gabungan juga langsung membongkar tungku dan peralatan untuk penyulingan minyak. 

BACA JUGA:Desa Keban 1 Sanga Desa Muba Memang Lumbung Energi Minyak Ilegal yang Tak Henti Merengut Nyawa Penambangnya

"Kita memasang garis polisi dan mengamankan sejumlah barang bukti yang dititipkan di Polsek Babat Toman," terang AKP Dwi Rio mantan Kasat Reskrim Polres Muba ini.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni masing-masing 11 tungku tempat penyulingan minyak, 21 unit mesin pompa air, dan 7 unit mesin blower serta satu unit Roli.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: