Helmi Hidayat Bela Panji Gumilang Dirujak Alumni Al Zaytun, Juragan Kopi: MasyaAllah Ringan Banget Itu Lisan

Helmi Hidayat Bela Panji Gumilang Dirujak Alumni Al Zaytun, Juragan Kopi: MasyaAllah Ringan Banget Itu Lisan

Dosen UNI syarif hidayatullah, Helmi Hidayat bela panji gumilang dirujak alumni al zaytun, juragan kopi: MasyaAllah ringan banget itu lisan. foto: dok/sumeks.co.--

Dijelaskannya, berdasarkan Al-Quran Surat An-Najm tersebut terkait dengan Nabi yang dituduh bahwa apa yang diomongkannya itu adalah berdasar Nabi. Tapi, kemudian ditekankan lagi itu omongan Rasulullah. 

"Betul itu, tetapi itu adalah wahyu. Jadi, Rasul tidak pernah berbicara apapun selain yang diwahyukan kepadanya," ujarnya. 

BACA JUGA:Dosen UIN Jakarta yang Sarankan Allah Datangi PMJ, Sebut MUI Terlalu Dini Keluarkan Fatwa Panji Gumilang

Sehingga, ditekankan juga pada Surat Al-Haqqah ayat 40-43. Disini, sudah jelas bahwa Rasulullah seringkali dituduh mengatakan semaunya. Padahal, yang dikatakannya itu tidaklah demikian.

"Semuanya berdasarkan wahyu dari Allah," lanjutnya.

Sudirman mengutarakan, pada QS Asy-Syura ayat 11 dijelaskan bahwa ketika Rasulullah memberikan qolam atau sesuatu yang dibicarakan sesuatu yang berwujud. 

"Ketika itu berwujud, bukanlah Allah tapi manusia. Karena, kalam itu terdiri dari huruf, yang kemudian bisa memberikan makna," katanya lagi. 

BACA JUGA:Dosen UIN Syarif Hidayatullah Anggap Panji Gumilang Tokoh Besar, Sayyidmahdibinyahya: Lebih Besar dari Ahok

Allah SWT tidak memberikan langsung kalam itu kepada manusia, kecuali melalui wahyu atau mengutus malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu itu, sehingga kalau didetailkan dari berbagai tafsir bahwa qoola rasuulullah. 

"Sehingga kalau boleh saya terjemahkan kata-kata fil quranul karim, membingkai kata-kata wahyu," jelasnya. 

Menurut Sudirman, Panji Gumilang ini ingin memberikan pengetahuan itu tidak dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Bahkan, sering diperdebatkan dengan argumentasi masing-masing. 

"Ternyata, beliau ini lebih dulu membaca daripada saya ngalah, bahwa apa yang dibicarakannya itu memiliki rujukan. Nggak mungkin tidak memiliki rujukan," lanjutnya.

BACA JUGA:Dosen UIN Syarif Hidayatullah Sarankan Allah Bikin Laporan ke PMJ, Helmi Hidayat: Kalau Dianggap Ternoda

Lalu, ketika presenter menanyakan tentang video yang beredar luas di masyarakat bahwa Panji Gumilang dengan jelas mengatakan bahwa Al-Quran merupakan karangan Nabi Muhammad SAW.

"Saya terpanggil kesini karena kita terpenggal-penggal kita itu tidak utuh menerimanya. Kami dekat dalam pemikiran," katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: