Menjelang Hari Raya Idul Adha, Permintaan Ayam Potong Meningkat, Tembus Rp40.000 Per Kilogram

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Permintaan Ayam Potong Meningkat, Tembus Rp40.000 Per Kilogram

Pedagang ayam potong di Pasar 26 Ilir, Kota Palembang.--dok : sumeks.co

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Permintaan Ayam Potong Meningkat, Tembus Rp40.000 Per Kilogram

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, permintaan terhadap ayam potong mengalami peningkatan. 

Akibatnya, harga ayam potong melambung tinggi hingga mencapai Rp 40.000 per kilogram pada Selasa, 27 Juni 2023.

Pedagang di Pasar 26 Ilir Palembang rata-rata menjual ayam potong seharga Rp40.000 per kilogram dari sepekan sebelum Rp36.000 per kilogram. Ada kenaikan sekitar Rp 4.000 per kilogram. 

Berdasarkan hasil monitoring harga dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang, harga ayam potong mengalami kenaikan. 

BACA JUGA:WOW, Harga Ayam Merah Meroket, Pedagang di Palembang Ini Jual Ratusan Potong jelang Lebaran 2023

Kepala Disdag Palembang M Raimon Lauri mengatakan, Disdag Palembang setiap harinya mengecek harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang. 

"Pasar tradisional yang dimonitoring ialah pasar besar ternama seperti Pasar 16, Pasar Palimo, Pasar Soak Bato, Pasar 26 dan Pasar 10 Ulu," katanya. 

Raimon Lauri menjelaskan, permintaan daging ayam meningkat drastis karena banyak keluarga yang memilih memasak hidangan berbahan dasar ayam sebagai bagian dari perayaan Idul Adha. 

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumsi daging ayam di Indonesia terus meningkat secara signifikan, membuat persediaan daging ayam sulit untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:Harga Ayam Potong di Palembang Turun, Cabai Rawit Beranjak Naik

Faktor lain yang berkontribusi terhadap kenaikan harga adalah biaya produksi yang meningkat. 

"Para peternak ayam menghadapi tantangan seperti biaya pakan, vaksinasi, dan pengelolaan peternakan yang semakin mahal," jelasnya. 

Selain itu, kenaikan harga bahan bakar juga berdampak pada biaya transportasi dan distribusi, yang pada akhirnya mempengaruhi harga jual daging ayam di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: