Yakinkan Al Zaytun Tak Terlibat NII KW-IX, Pembelaan Moeldoko: Panji Gumilang Pelopor Pesantren yang Mandiri

Yakinkan Al Zaytun Tak Terlibat NII KW-IX, Pembelaan Moeldoko: Panji Gumilang Pelopor Pesantren yang Mandiri

Moeldoko sebut Ponpes Al Zaytun Indramayu adalah pesantren yang mandiri.--

Yakinkan Al Zaytun Tak Terlibat NII KW-IX, Pembelaan Moeldoko: Panji Gumilang Pelopor Pesantren yang Mandiri

SUMEKS.CO - Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu mendapat pembelaan dari Jenderal TNI Moeldoko yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia. 

Dikutip dari unggahan akun TikTok @mulut_runcing2, yang diunggah pada 20 Juni 2023 lalu, menampilkan tayangan pendapat Moeldoko terhadap Ponpes Al Zaytun Indramayu. 

Menurut Moeldoko, Panji Gumilang adalah pelopor kemandirian pangan yang diterapkannya untuk Ponpes Al Zaytun Indramayu. Untuk itu, Moeldoko sangat mendukung Panji Gumilang.

BACA JUGA:TUNGGU APA LAGI! MUI, NU Sepakat Al Zaytun Menyimpang, Wapres Ma'ruf Amin Bikin KSP Moeldoko Tertunduk

"Saudara saya Doktor Kiai Haji Panji Gumilang telah memelopori, bagaimana dunia pesantren mampu dan mandiri menyediakan pangannya sendiri," tegasnya. 

Untuk itu, Moeldoko yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Kontak Tani Indonesia (HKTI) mengaku, menaruh rasa bangga dan hormat kepada sosok pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang. 

"Karena pada saat beberapa tahun yang lalu, saya datang ke Indramayu dan melihat kegagalan panen. Namun, saya melihat Al-Zaytun memiliki keinginan yang kuat di bidang kemandirian pangan," paparnya. 

Karena kegigihan Panji Gumilang terhadap Ponpes Al-Zaytun Indramayu, Moeldoko mengatakan, bahwa situasi ini harus dijaga dengan baik. Sehingga, ilustrasi yang disampaikannya terjawab.

BACA JUGA:Yakin 1000 Persen Al Zaytun Tak Terlibat NII KW-IX, Moeldoko 'Dirujak' Netizen: Emang Nggak Paham

Sebagaimana diketahui, Moeldoko, meyakini bahwa Ponpes Al Zaytun Indramayu pimpinan Syekh Panji Gumilang, tidak terlibat Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah IX (NII KW-9). 

"Selama kami dekat, tidak ada gerak-gerik yang mencurigakan dari pesantren pimpinan Panji Gumilang itu," ungkapnya dikutip SUMEKS.CO dari unggahan Snack Video Berita Goreng, Kamis, 22 Juni 2023.

Menurut Moeldoko, apabila memang Panji Gumilang terbukti terlibat NII KW-9, dia mempersilahkan pihak berwenang untuk menangkap Panji Gumilang. Menangkap Panji Gumilang, kata dia, bukan hal yang sulit dilakukan. 

"Kalau terbukti ada kaitannya dengan NII, tangkap saja Panji Gumilang, kan gampang. Nyatanya tidak kan?," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: