Waw, Desain Atap Lipat Pandan Ornamen Selembayung Warnai 10 Rest Area di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Waw, Desain Atap Lipat Pandan Ornamen Selembayung Warnai 10 Rest Area di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Hutama Karya Infrastruktur segera bangun 10 rest area di tol Permai, tol Pekanbaru-Dumai--


Contoh atap lipat pandan dan ornamen Selembayung, Riau--

5 rest area terletak pada jalur A (Jalur Pekanbaru-Dumai) dan lima lainnya di jalur B (Jalur Dumai-Pekanbaru) yakni di Km 14+500 Jalur A&B, Km 45+200 Jalur A, Km 46+050 B, Km 65+000 Jalur A&B, Km 82+300 Jalur A&B, dan Km 15+200 Jalur A&B dari arah Dumai.

5 tempat ke arah Dumai dan 5 lagi sebaliknya, dengan jarak antar rest area kurang lebih 30 km,” terang Koentjoro.

Terdapat 2 (dua) tipe rest area yang akan dibangun yaitu Tipe A dengan luas 6 Hektar yang dilengkapi oleh fasilitas toilet umum, masjid, pujasera, stand UMKM, minimarket, tempat parkir kendaraan kecil dan besar, kawasan siap bangun untuk SPBU dan premium commercial area.

Sementara untuk rest area Tipe B dengan luas 3 Hektar berisikan fasilitas yang sama, hanya tidak terdapat kawasan siap bangun untuk SPBU dan premium commercial area-nya saja.

Menariknya, selain mengklaim memiliki fasilitas yang lengkap, Koentjoro juga mengatakan bahwa rest area ini nantinya akan memiliki desain bangunan yang mengadaptasi nuansa adat di Riau.  

Yaitu menggunakan atap lipat pandan dan ornamen atap selembayung. Bangunan dengan hint corak budaya ditonjolkan dalam rest area sebagai bentuk melestarikan serta memperkenalkan budaya daerah Riau kepada pengguna jalan tol yang melintas.

BACA JUGA:Lumayan Diskon Tarif 20 Persen Tol Bakauheni Terbanggi, Tol Terbanggi Kayu Agung Golongan I-V Segini Jadinya

“Kami juga menyediakan dan prioritaskan porsi lebih dari 70% tenant yang berada di rest area ini untuk UMKM sehingga dapat mengembahkan usaha masyarakat daerah sekitar, ” tambahnya.

Gandeng Milenial 

Sebenarnya, HKI sudah mulai melakukan pengerjaan rest area ini pada Maret 2023 lalu. Tergetnya adalah  rampung pada Desember 2023 mendatang dengan sejumlah pekerjaan yang tengah dikerjakan.

Yakni site development pada semua lokasi rest area serta bangunan masjid, toilet dan pujasera pada Km 45 arah Dumai & Km 65 arah Pekanbaru. 

Hingga per 12 Mei 2023, progres pengerjaan keseluruhan rest area telah mencapai 13,20%. Pengaturan prioritas pekerjaan pun diperlukan mulai dari proses desain bangunan, konstruksi, dan operasional bangunan.

Sedangkan menurut Direktur Operasi III HKI, Selo Tjahjono  pengerjaan rest area ini juga memiliki beberapa tantangan seperti adanya momen-momen khusus seperti libur Lebaran tahun 2023 lalu. 

BACA JUGA:Begini Progres Terbaru Ruas Tol Kapal Betung Tahap 2 yang akan Diresmikan Presiden Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: