Ratusan Warga Datangi Apron Alpha Lanud Sri Mulyono Herlambang Saksikan Pesawat Tempur TNI AU F16

Ratusan Warga Datangi Apron Alpha Lanud Sri Mulyono Herlambang Saksikan Pesawat Tempur TNI AU F16

Warga Kota Palembang memadati Lanud Srimulyono Herlambang, Palembang, Minggu, 28 Mei 2023.--dok : sumeks.co

Ratusan Warga Datangi Apron Alpha Lanud Sri Mulyono Herlambang Saksikan Pesawat Tempur TNI AU F16

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ratusan warga berbondong-bondong mendatangi Apron Alpha Lanud Sri Mulyono Herlambang untuk menyaksikan pesawat tempur TNI AU F16. Hawk 100-200, Helikopter Basarnas Dauphin AS365N3 dan Pesawat Hercules.

"Ngajak anak ke sini supaya bisa lihat pesawat tempur dari dekat. Hitung-hitung edukasi sambil kita foto-foto. Karena momen ini kan tidak ada setiap saat," kata Iin (32) warga Talang Jambe dikutip dikutip SUMATERAEKSPRES.ID, Senin 29 Mei 2023.

Sementara itu, Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo MM OAS menambahkan, Open Base ini digelar guna membangkitkan minat kedirgantaraan masyarakat Kota Palembang, khususnya bagi kawula muda.

“Mereka dapat melihat langsung alutsista milik TNI Angkatan Udara dari dekat,” ujar Sigit Gatot Prasetyo.

BACA JUGA:Bantu Masyarakat yang Membutuhkan, Lanud SMH Gelar Donor Darah

Selain itu lanjut Sigit Gatot Prasetyo, masyarakat juga dipersilahkan untuk berswafoto dengan pesawat atau pilot pesawat tempur.

“Open Base kita buka dari kemarin," ungkap Sigit Gatot Prasetyo. 

Sigit Gatot Prasetyo menambahkan, Pesawat tempur ini sendiri akan digunakan untuk latihan di Pulau Bangka Belitung. Pesawat tempur alusista ini tergabung dalam Tim Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Komando Operasi Udara (Koopsud) I dan Trisula Perkasa Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TA 2023.

"Ini merupakan program kerja bidang operasi dan latihan Koopsud I yang dalam skema latihan pusat serangan udaranya atau Air Weapon Range (AWR) di Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin (ASH) Belitung, Provinsi Bangka Belitung," jelas  Sigit Gatot Prasetyo.

BACA JUGA:Lanud SMH Seperti Pasar, Ribuan Masyarakat Saksikan Open Base Pesawat Tempur

Masih dikatakan Sigit Gatot Prasetyo, jadi seluruh prajurit Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang sebagai Pangkalan Aju ikut bersiap, termasuk mendukung secara penuh latihan ini.

"Tujuannya meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil untuk menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi," tegas Sigit Gatot Prasetyo. 

Sigit Gatot Prasetyo mengharapkan, latihan ini bisa mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability antar-satuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: