Lanud SMH Seperti Pasar, Ribuan Masyarakat Saksikan Open Base Pesawat Tempur

Lanud SMH Seperti Pasar, Ribuan Masyarakat Saksikan Open Base Pesawat Tempur

Warga Kota Palembang dan Banyuasin antusias menyaksikan pameran pesawat tempur di Lanud Srimulyono Herlambang, Ahad 28 Agustus 2022. foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEK.CO - Tumpah ruah bak pasar. Ya, ribuan masyarakat Kota Palembang antusias saat menyaksikan open base pesawat tempur F16 dan Helikopter Puma TNI AU dan Latihan Matra Udara II Koopsud I Jalak Sakti 2022, di Pangkalan Udara TNI AU Sri Mulyono Herlambang (Bandara Lama) Palembang.

Kadis Pgs Kadispodirga Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Mayorlek Ishak Juarsyah mengungkapkan, sejak dibukanya open base pesawat tempur F16 dan helikopter puma TNI AU, setidaknya kurang lebih 5.000 penonton yang berdatangan untuk menyaksikan open base tersebut.

"Pukul 08.00 WIB dibuka, tapi 07.30 mereka sudah memenuhi area open base," ungkap Kadis Pgs Kadispodirga Lanud Sri Mulyono Herlambang, Mayorlek Ishak, saat dibincangi SUMEKS.CO, Ahad 28 Agustus 2022.

Dijelaskan Mayorlek Ishak, pihaknya memamerkan delapan pesawat tempur F16 dari skydron16 Rusmin Riadin Pekanbaru Riau, dan satu helikopter Puma dari Skydron8 Lanud Atang Sanjaya Bogor. Kegiatan ini dalam rangka open base wisata alutsista TNI AU dan pesawat yang ada ini nantinya bakal mengikuti latihan Koopsud I pekan depan.

BACA JUGA:Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Blora Jateng, Ini Kronologi Jatuhnya Versi Kadispen

"Mengenalkan kepada masyarakat pesawat tempur dan helikopter milik kita bersama. Karena ini dibeli dari uang rakyat artinya ini milik kita bersama," beber Mayorlek Ishak.

Selain itu lanjut Kadis Pgs Kadispodirga Lanud Sri Mulyono Herlambang, masyarakat juga dapat mengambil momen untuk berswafoto langsung dengan pilot pesawat tempur F16. Delapan pesawat ini juga, beberapa waktu lalu ikut meramaikan hari kemerdekaan dengan membentuk formasi berbentuk 77 tahun.

"Setiap tahun memang rutin kami lakukan. Namun beberapa tahun terakhir tidak mengadakan karena pandemi. Tahun ini, Kami membuka untuk umum dan gratis hingga pukul 12.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, Royan, salah satu warga Tanah Mas Km 14 mengungkapkan, pameran seperti ini sangat lama tidak digelar. Menurutnya, masyarakat harus bangga mempunyai alutsista yang canggih guna pertahanan RI.

BACA JUGA:Panglima TNI Jendral Andika Tinjau Calfex Super Garuda Shield 2022

"Baru sekali ini menyaksikan langsung pesawat tempur dari jarak dekat," ucapnya seraya menenteng kedua anaknya.

Royan berharap, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena, pesawat yang dimiliki ini merupakan salah satu bagian dari masyarakat. Sehingga, dengan mendukung dan partisipasi dapat menumbuhkan semangat dan kecintaan kepada NKRI.

"Sebagai masyarakat kita harus bangga mempunyai alutsista yang lengkap seperti ini," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: