25 Angkatan Udara Terkuat, 5 Besar Ada Negara Tak Terduga, Indonesia Masuk?

25 Angkatan Udara Terkuat, 5 Besar Ada Negara Tak Terduga, Indonesia Masuk?

--

25 Angkatan Udara Terkuat, 5 Besar Ada Negara Tak Terduga, Indonesia Masuk?

SUMEKS.CO - Indonesia terus memperkuat pertahanan udara. Alutsista pun terus ditambah. Namun apakah TNI AU masuk dalam 25 angkatan udara terkuat di dunia? 

Global Firepower telah membuat peringkat kekuatan angkatan udara terkuat dari 145 negara di dunia. Kriteria terkuat disini berdasarkan jumlah armada yang dimiliki. 

Didalamnya dilihat dari berapa banyak jet tempur, helikopter, pembom, pencegat, jet angkut, dan pesawat lain, yang dimiliki masing-masing.

BACA JUGA:3 Jenis Alutsista Kebanggaan TNI AU, Pesawat Tempur Canggih dengan Kemampuan Mumpuni 

Ada negara yang selama ini dianggap hanya memiliki kemampuan standar, ternyata masuk dalam 10 besar angkatan udara terkuat di tahun 2023 ini. 

Berikut 25 negara yang memiliki angkatan udara terkuat di dunia 

1. Amerika Serikat

Sebagai negara adidaya, AS berada di peringkat pertama. Negeri Paman Sam ini memiliki pesawat milik paling banyak. 

BACA JUGA:Elang Besi TNI Gegerkan Dunia, Tiga Matra Update Alutsista Canggih

Negara ini memiliki 13.300 pesawat militer secara keseluruhan, yang meliputi 1.914 pesawat tempur/pencegat, 5.584 helikopter, dan 983 helikopter serang. 

AS mendominasi setiap kategori dalam hal kekuatan udara, termasuk pesawat angkut, pesawat misi khusus, helikopter, pesawat latih, dan armada kapal tankernya. Negara ini juga memiliki 13.513 bandara, 11 kapal induk, dan sembilan kapal induk helikopter, semuanya merupakan jumlah tertinggi di dunia.

2. Rusia 

Rival AS, Rusia memiliki 4.182 pesawat militer. Itu menempatkan Rusia di peringkat kedua di dunia untuk jumlah pesawat, 744 serang khusus, 444 pesawat angkut, 1.531 helikopter, dan 537 helikopter serang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: