Drone AS Ditabrak Pesawat Temput Rusia

Drone AS Ditabrak Pesawat Temput Rusia

Drone AS. foto: getty images--

SUMEKS.CO - Insiden tabrakan pesawat tempur terjadi di udara di atas laut Hitam Amerika Serikat (AS). Jet tempur Rusia bertabrakan dengan drone Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam pun berang dan menyebut langkah Rusia itu adalah sebuah tindakan yang tidak profesional.

Dilansir BBC dan AFP, Rabu 15 Maret 2023, AS menyebut pesawat tak berawak-nya itu sedang dalam misi rutin di wilayah udara internasional. Kemudian, 2 jet tempur Rusia mencoba untuk mencegatnya.

Kecaman juga disampaikan Komando Eropa AS yang mengatakan insiden itu adalah hasil dari 'tindakan tidak profesional oleh Rusia'. Pasukan AS dan sekutu disebut akan terus beroperasi di wilayah udara internasional.

Sebelum bertabrakan, drone milik AS yang sedang melakukan patroli, berusaha dicegat oleh dua pesawat tempur Su-27 Rusia. Pesawat nirawak MQ-9 Reaper sedang melintas di atas perairan internasional dan satu memotong baling-balingnya.

Militer AS mengatakan jet Rusia juga membuang bahan bakar ke pesawat tak berawak Amerika itu.

"Beberapa kali sebelum tabrakan, Su-27 membuang bahan bakar dan terbang di depan MQ-9 dengan cara yang sembrono, tidak ramah dan tidak profesional," katanya.

Jenderal Angkatan Udara AS James Hecker mengatakan drone miliknya saat itu tengah melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional.

"Pesawat MQ-9 kami sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional ketika dicegat dan ditabrak oleh pesawat Rusia, mengakibatkan kecelakaan dan hilangnya MQ-9 sepenuhnya," kata James Hecker.

Drone MQ-9 Reaper adalah pesawat tak berawak besar yang dirancang untuk pengawasan ketinggian dan daya tahan lama. (detik.com/dom)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: