Amerika Serikat dan Sekutu Segera Memasok Pesawat Tempur Canggih ke Ukraina

Amerika Serikat dan Sekutu Segera Memasok Pesawat Tempur Canggih ke Ukraina

Peswat tempur F-16--

Amerika Serikat dan Sekutu Segera Memasok Pesawat Tempur Canggih ke Ukraina

SUMEKS.CO - Amerika Serikat (AS) mengizinkan sekutu di Barat untuk memasok Ukraina dengan peswat tempur canggih, termasuk  F-16 pabrikan Amerika. 

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan, dalam KTT di Jepang pada hari Jumat 19 Mei 2023 Presiden AS Joe Biden memberi tahu kepada rekan-rekannya di G7.

Sullivan juga mengatakan pasukan AS sedang melatih pilot Kyiv untuk menerbangkan jet tempur tersebut.

Keputusan ini sebagai keputusan bersejarah disambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

BACA JUGA:Pria di Lampung Utara Kirim Foto Kelamin Melalui Pesan WhatsApp, Begini Akhirnya

Amerika Serikat harus secara hukum  menyetujui ekspor ulang peralatan yang dibeli dari sekutunya. Langkah tersebut membuka jalan bagi negara lain untuk mengirim pasokan F-16 ke Ukraina. 

 “Dalam beberapa bulan terakhir, kami dan sekutu kami benar-benar fokus untuk melengkapi Ukraina dengan sistem senjata dan pelatihan yang diperlukan  untuk melakukan operasi penyerangan musim semi dan musim panas ini,” kata Sullivan.

Menurut Sullivan, perusahaannya menepati janjinya. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa diskusi saat ini sedang berlangsung di Amerika Serikat untuk meningkatkan angkatan udara Ukraina sebagai bagian dari komitmen jangka panjang Amerika untuk pertahanan diri Ukraina. 

“Karena pelatihan akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang, kami akan bekerja dengan sekutu kami untuk menentukan kapan pesawat akan dikirimkan, siapa yang akan mengirimkannya dan dalam kapasitas apa,” katanya. 

BACA JUGA:MENGEJUTKAN! Enzy Storia Wanita yang Diisukan Jadi Selingkuhan Desta Suami Natasha Rizki, Menikah Hari Ini

Ukraina telah berulang kali melobi sekutu Baratnya untuk menyediakan pesawat tempur guna membantunya melawan Rusia.  

Sebelum pengumuman resmi pada Sabtu 20 Mei 2023. Presiden Zelenskyy mengatakan bahwa pesawat tersebut akan sangat membantu Angkatan Udara Ukraina.  

Zelensky menantikan diskusi tentang implementasi rencana tersebut pada KTT G7 di Hiroshima, di mana Zelensky  tiba pada Minggu 21 Mei 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: